Diet Berdasarkan Golongan Darah Anda

Playxfit – Diet merupakan gaya hidup sehat yang sekarang banyak dilakukan oleh orang-orang. Berbagai metode diet juga ditawarkan, mulai yang mengatur makanan, hingga jam makannya. Salah satu metode diet yang sering menjadi perhatian adalah diet menurut golongan darah.

Metode tersebut sudah ditemukan sejak tahun 1960-an. Diet menurut golongan darh dipercaya dapat memberikan efek yang lebih maksimal karena setiap golongan darah memiliki ciri khas tersendiri berhubungan dengan makanan.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari cara terbaik untuk diet, Anda bisa memperhatikan dan menerapkan cara diet sesuai dengan golongan darah Anda.

 

Golongan Darah A

Untuk golongan darah A harus berdiet seperti layaknya orang vegetarian atau semi-vegetarian. Mengapa? Karena tipe golongan darah A kebanyakan sulit mencerna lemak hewani. Diet untuk golongan darah ini cenderung untuk lebih cepat menurunkan berat badan dan tidak membuat stress.

Makanan yang boleh dikonsumsi adalah ikan laut, tahu, tempe, kacag-kacangan, sayuran, buah, dan biji-bijian. Jenis sayuran yang cocok adalah bayam, buncis, dan wortel. Buah-buahan yang cocok adalah stroberi, kiwi, kurma, dan buah delima.

Golongan darah A dilarang mengonsumsi minuman bersoda, susu sapi, cumi-cumi, udang, kepiting, gurita, kodok, belut, lobster, daging bebek, domba, kerbau, ayam hutan, kelinci, angsa dan sapi.

 

Golongan Darah B

Selanjutnya, diet golongan darah B dapat mengonsumsi makanan lebih bervariasi. Jika Anda bergolongan darah B, diet yang Anda lakukan adalah untuk mengembalikan fungsi kekebalan tubuh, melancarkan metabolisme tubuh, dan membersihkan darah dari kandungan lektin.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi saat diet adalah snack beras, ikan, telur, daging, produk olahan susu rendah lemak, brokoli, buncis, sawi, labu, melon, kurma, pir, dan jambu biji.

Sedangkan makanan yang harus dihindari golongan darah B adalah susu, udang, daging ayam, gandum, jagung, kacang-kacangan, dan mie.

 

Golongan Darah AB

Kemudian tipe AB, ternyata memiiki sifat yang lebih fleksibel dengan berbagai makanan. Orang engan tipe golongan darah AB akan lebih mudah beradaptasi dengan berbagai jenis makanan, tidak sesensitif tipe yang lain. Namun jika melakukan diet, memang ada beberapa saran yang bisa Anda ikuti.

Makanan apa saja yang baik untuk Anda konsumsi ? Yoghurt. lele, sarden, tuna, ikan patin, daging domba, daging kelinci, anggur, pepaya, dan nanas. Sedangkan, Anda dapat menghindari untuk mengonsumsi susu sapi segar, susu kental manis, susu kambing, daging sapi, ayam, kerbau, keju, dan olahan susu lainnya.

Golongan Darah O

Jika Anda bergolongan darah O, berarti sebagian besar Anda memiliki saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang baik. Tipe ini dapat mengolah produk hewani dengan lebih baik.

Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung protein tinggi, daging unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan, susu, keju, yoghurt, daun seledri, kembang kol, pisang, kelapa, alpukat dan stroberi.

Sementara itu, untuk menghasilkan diet yang baik, hindari konsumsi susu, kopi, kerang, gurita, cumi-cumi, jagung, jamur, kodok, dan kacang tanah.