Daun Singkong Simpan Sejuta Manfaat

Playxfit – Singkong tidak hanya bermanfaat buahnya, namun juga daunnya yang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin bagi tubuh kita. Daun singkong bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan memiliki banyak manfaat yang menyehatkan tubuh kita.

 

1. Mengatasi Radang Sendi

Manfaat daun singkong yang pertama adalah mengatasi radang sendi. Kandungan mineral magnesium pada daun singkong dapat mengatasi radang sendi. Mineral ini menawarkan banyak manfaat, salah satunya mengurangi peradangan.

Anda yang menderita radang sendi (arthritis) mungkin bisa mendapatkan manfaat magnesium dari bahan makanan ini. Magnesium dalam daun singkong dapat membantu mengembangkan dan memadatkan tulang. Daun singkong juga dapat meminimalisir terjadinya patah tulang.

2. Mengatasi diare

Manfaat daun singkong yang kedua adalah mengatasi diare. Menurut penelitian yang sudah dilakukan terhadap tikus lab yang sedang mengalami diare dan diinduksi oral ekstrak daun singkong atau salah satu dari dua obat antidiare. Tikus yang diberi daun singkong mengalami penurunan gejala yang sama dengan obat antidiare. Untuk hal ini diperlukan penelitian lebih lanjut karena pada penelitian sebelumnya jam singkong yang digunakan adalah hanya ekstraknya saja yang dicampur dengan alkohol.

 

 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selanjutnya daun singkong juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin c yang tinggi dalam daun singkong dapat melawan bakteri dan virus, serta memberantas radikal bebas dalam tubuh. Sementara itu, folat (vitamin B9) membantu meningkatkan produksi sel dengan menghindari mutasi DNA. Maka dari itu orang mulai mengonsumsi daun singkong secara rutin untuk menjaga sistem kekebalan tubuh mereka agar tidak mudah terkena penyakit.

4. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat daun singkong yang terakhir adalah menangkal radikal bebas. Sama seperti sayuran lainnya, daun singkong juga memiliki kandungan antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas akibat paparan sinar matahari. Dengan demikian, kulit akan terlindungi dan terbebas dari resiko terkena penyakit kanker kulit.

 

4 manfaat mengonsumsi daun singkong di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya manfaat yang ada, yang pasti daun singkong sangat menyehatkan tubuh kita.