Coba Meditasi Sebelum Tidur Membuat Rileks

Playxfit – Pernahkah Anda merasa kurang tenang sebelum tidur? Cobalah untuk melakukan meditasi sebelum tidur. Menurut penelitian, meditasi dapat membantu mengurangi hormon kortisol yang berkaitan dengan stres. Meditasi meningkatkan kadar melatonin alami untuk membantu tidur lebih nyenyak. Dengan menggunakan meditasi untuk mengurangi gejala stres, kecemasan, dan depresi, beberapa pasien lebih mudah jatuh dan tertidur. Lantas, meditasi apa saja ya yang bisa kita lakukan?

1. Concentration Meditation

Pertama, Anda bisa melakukan concentration mediation atau meditasi konsentrasi yang dapat membantu Anda mengatasi pikiran yang mengembara. Hal ini dilakukan dengan memusatkan perhatian pada subjek tertentu. Meditasi jenis ini dapat dimulai dengan memilih subjek untuk fokus pada pikiran yang dapat berupa fisik, visual, aural, atau mental. Meditasi ini bertujuan agar kamu bisa terfokus pada satu subjek fokus saja, sehingga pikiran kamu tidak terus mengembara.

 

2. Mindfulness Meditation

Kedua adalah meditasi mindfulness atau kesadaran penuh. Meditas ini melibatkan fokus pada saat ini. Caranya yaitu dengan meningkatkan kesadaran terhadap pernapasan dan tubuh Anda. Jika muncul sebuah pikiran atau emosi saat meditasi, amati saja, lalu biarkan berlalu tanpa menghakimi diri sendiri. Bagaimana untuk menerapkan meditasi ini? Hindari gangguan dari sumber suara apapun. Berbaring dalam posisi yang nyaman. Fokus pada pernapasan, tarik napas selama 10 hitungan lalu tahan napas selama 10 hitungan dan buang napas selama 10 hitungan. Ulangi sebanyak lima kali. Perhatikan napas dan tubuh Anda. Jika ada bagian tubuh yang terasa kencang, berusalah untuk relaksasi secara sadar.

 

3. Body Scan Meditation

Ketiga adalah body scan meditation yang berfokus pada setiap bagian tubuh Anda. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran sensasi fisik, termasuk ketegangan dan rasa sakit. Fokus pada bagian tubuh Anda akan membantu Anda mengantuk dan segera tidur. Bagaimana caranya? Hindari semua gangguan dari kamar, termasuk telepon Anda. Berbaringlah dalam posisi yang nyaman, tutup mata dan bernapas perlahan. Perhatikan berat badan Anda di tempat tidur. Fokus pada wajah, lemaskan rahang, mata, dan otot wajah Anda. Pindah ke leher dan bahu Anda. Lalu lanjut ke bawah tubuh, pindah ke lengan dan jari, lanjutkan ke perut, punggung, pinggul, dan kaki Anda. Perhatikan bagaimana setiap bagian terasa.