Cegah Stroke dengan Makan Cumi-Cumi

Playxfit – Siapa yang tidak tahu cumi-cumi? Hewan ini merupakan bagian dari keluarga seafood. Bahan makanan laut ini dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Selain rasanya yang gurih, cumi-cumi juga memiliki tekstur kenyal. Di balik cita rasanya yang khas, cumi-cumi ternyata punya berbagai kandungan nutrisi untuk menunjang kesehatan.

 

1. Mencegah Stroke

Cumi-cumi kaya protein dan rendah kalori sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah stroke.  Hewan dari anggota keluarga moluska ini sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi orang yang ingin menambah asupan protein tanpa mengkhawatirkan kadar kalori. Cumi-cumi memiliki kandungan vitamin B12 yang baik untuk kesehatan saraf dan darah. Selain itu, hewan ini juga punya peran penting bagi tubuh, yakni dapat melindungi jantung dari stroke melalui vitamin B6.

 

2. Berperan dalam Pembentukan Sel Darah Merah

Kedua, makan cumi-cumi juga berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kandungan vitamin B6 dan B12 sangat dibutuhkan tubuh untuk beberapa hal. Vitamin B12 diketahui berguna untuk memelihara otak dan saraf serta berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Sementara itu, vitamin B6 berguna untuk menyimpan energi, protein, dan karbohidrat. Manfaat lainnya yaitu untuk membantu pergerakan hemoglobin dalam tubuh.

 

3. Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat yang ketiga, mengonsumsi cumi-cumi juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan lemak jenuh di dalam cumi-cumi tergolong rendah. Apalagi, kandungan lemak totalnya hanya sekitar 0.7 gram saja. Cumi-cumi mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang dikenal sebagai lemak baik, yaitu asam lemak jenuh omega-3. Manfaat atau khasiat lemak baik di dalam cumi-cumi ini bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol LDL jahat sekaligus meningkatkan HDL baik.

 

4. Memelihara Keseimbangan Cairan Tubuh

Keempat, cumi-cumi dapat memelihara keseimbangan cairan tubuh. Dalam tubuh kita membutuhkan natrium dan sodium untuk menjaga cairan dan darah. Dengan demikian, tubuh dapat berfungsi dengan normal. Tak hanya itu, natrium pada cumi-cumi juga diketahui bisa berfungsi untuk menjaga saraf dan mempengaruhi kontraksi serta relaksasi otot.