Cara Mudah Menghindari Gigitan Nyamuk

Playxfit – Saat musim hujan biasanya banyak nyamuk berkeliaran di rumah kita. Tidak sedikit diantara kita yang terganggu dengan gigitan nyamuk. Terkadang gigitan nyamuk juga bisa menjadi bahaya untuk kesehatan tubuh kita. Nah, berikut ada beberap tips untuk menghindari gigitan nyamuk yang mengganggu.

1. Menghindari Pakaian Berwarna Gelap

Cara yang pertama adalah hindari menggunakan pakaian yang berwarna gelap, gunakanlah pakaian dengan warna terang untuk menghindari gigitan nyamuk. Nyamuk cenderung mencari target dari sesuatu yang warnanya kontras dengan cakrawala, karena biasanya mereka terbang dekat dengan lantai atau tanah.

 

2. Menggunakan Tanaman Sereh

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan tanaman sereh untuk mengusir nyamuk. Untuk menangkal nyamuk dengan sempurna, Anda dapat mencampurkan minyak sereh dengan minyak kulit kayu manis. Kombinasi tersebut sangat ampuh mengusir nyamuk dan pastinya mengurangi gigitan nyamuk.

 

3. Membersihkan Genangan Air

Anda juga harus membersihkan genangan air di dalam dan luar rumah Anda. Genangan dan sumber penampungan air dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Maka dari itu, Anda harus membersihkan setiap tempat yang berpotensi memantik genangan seperti tempat penampungan air, bak mandi, kolam, tong sampah, pot tanaman secara berkala.

4. Jangan Membiarkan Sampah Menumpuk

Selain membersihkan genangan air, Anda juga harus rajin membuang sampah, jangan biarkan sampah menumpuk terlalu lama karena pasti akan menjadi sarang nyamuk. Anda juga dapat memisahkan antara sampah kering dan basah.

 

5. Menanam Tanaman Pengusir Nyamuk

Kemudian Anda juga dapat menanam tanaman pengusir nyamuk di dalam maupun luar rumah. Walaupun tidak bisa benar-benar mengusir nyamuk, setidaknya dapat mengurangi nyamuk di dalam rumah. Tanaman pengusir nyamuk adalah serai, lavender, marigold, dan kemangi.

6. Gunakan Kipas Angin

Di dalam rumah, Anda juga dapat menggunakan kipas angin untuk mengusir nyamuk karena ternyata nyamuk tidak terlalu bisa terbang. Angin dari kipas angin pasti akan menganggu kemampuan terbangnya. Jika Anda berada di dekat kipas angin pasti akan jarang digigit nyamuk.