Cara Mudah Mencegah Mata Minus

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami, Cukup Pakai Bahan Dapur Ala  Rumahan Ini! - Halaman all - Bangkapos.com

Mata minum atau Miopi adalah gangguan penglihatan yang sangat sering ditemukan di umum. Kondisi ini menyebabkan mata sulit untuk melihat objek yang lebih jauh. Kondisi ini terjadi ketika struktur bola mata berubah menjadi lebih Panjang atau bentuk kornea mata bagian depan lebih cekung. Akibatnya, Cahaya yang masuk ke dalam mata tidak dapat terfokus dengan baik dan objek yang lebih jauh terlihat kabur. Biasanya, kondisi minus ini terjadi sejak masa kanak-kanak dan berhenti saat memasuki masa remaja. Namun, tak jarang pula banyak orang dewasa yang terkena Miopi atau minus. Berikut cara mudah mencegah mata minus.

  1. Memeriksa mata ke dokter secara berkala

Cara pertama yang bisa anda coba untuk mencegah mata minus adalah dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Hal ini sangat penting terutama pada anak-anak dengan orang tua yang memiliki mata minus atau orang dewasa yang cukup sering menghabiskan waktu di depan layar gadget. Melalui pemeriksaan mata, anda bisa mengetahui apakah anda memiliki masalah penglihatan atau faktor-faktor risiko yang lebih retan mengalami mata minus.

  1. Tidak melihat atau membaca terlalu dekat

Gangguan penglihatan seperti mata minus juga dipicu juga oleh aktivitas yang mengharuskan mata untuk membaca atau melihat objek yang terlalu dekat. Hal ini biasanya cenderung dilakukan ketika anda sedang membaca, menulis, atau bermain gadget terlalu dekat. Oleh karena itu, cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah mata minus adalah usahakan tidak melihat atau membaca terlalu dekat.

Selain itu, Anda bisa mulai membatasi waktu yang Anda habiskan di depan layar gadget untuk mengurangi risiko gangguan penglihatan.

  1. Hindari Membaca di Tempat gelap

Kebiasaan membaca atau menulis dengan penerangan yang tidak cukup juga berdampak pada kesehatan mata anda. Kondisi ruangan yang terlalu gelap menyebabkan mata anda bekerja lebih keras untuk fokus terhadap objek didepannya. Oleh karena itu, pastikan anda menggunakan pencahayaan yang baik untuk menghindari mata minus.

  1. Perbanyak aktivitas diluar ruangan

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mencegah mata minus adalah perbanyak aktivitas diluar ruangan. Sebuah studi dari jurnal Acta Ophthalmologica menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan berdampak positif pada kualitas penglihatan Anda, terutama dalam mencegah miopi.

Itu sebabnya, mulailah sering beraktivitas di luar rumah untuk menjaga kesehatan penglihatan Anda.

Itulah 4 Cara mudah mencegah mata minus.