Cara Menghilangkan Ketombe Yang Mudah dan Efektif

4 Cara Mengatasi Ketombe yang Ampuh - Alodokter

Cara menghilangkan ketombe yang bisa kamu lakukan adalah antara lain mengaplikasikan minyak kelapa, baking soda, atau sari cuka apel ke kulit kepala.

Ketombe adalah kotoran yang berada pada permukaan kulit kepala. Teksturnya seperti serpihan yang berwarna putih atau kuning. Walaupun ini tidak menular, namun masalah ini bisa menurunkan rasa percaya diri pengidapnya sehingga penting untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan ketombe yang efektif.

Ketombe adalah gangguan yang umumnya terjadi saat masa pubertas dan mencapai puncaknya di usia 20 tahun. Risikonya juga rentan terjadi pada orang yang berusia diatas 50 tahun. Berikut ini ada beberapa cara efektif menghilangkan ketombe yang mudah dan efektif.

  1. Minyak kelapa

Cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa kamu lakukan adalah melalui minyak kelapa. Caranya, oleskan minyak kelapa secara merata ke kulit kepala, diamkan beberapa menit, lalu cuci dan bilas hingga bersih. Tak hanya menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga dapat membantu kulit kepala tetap lembap dan terawat.

  1. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon the sangat efektif membantu mengatasi maslaha ketombel membandel. Bahan alami ini bekerja dengan mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan meredakan gatal. Untuk menggunakannya, campurkan beberapa tetes tea tree oil murni dengan sampo yang biasa kamu gunakan. Lalu, keramas seperti biasa. Namun, pastikan kamu tidak alergi dengan minyak ini, ya.

  1. Mengonsumsi Probiotik

Probiotik tak hanya mampu memelihara kesehatan sistem pencernaan saja. Nutrisi di dalamnya juga meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk dalam melawan infeksi jamur penyebab ketombe. Caranya, kamu bisa mengonsumsi yogurt, tempe, kimchi, dan kombucha untuk mengurangi keparahan ketombe. Meski car aini terbilang ampuh, namun cara menghilangkan ketombe menggunakan probiotik masih perlu penelitian lebih lanjut.

  1. Makanan sehat bergizi seimbang

Makanan yang dapat menurunkan keparahan ketombe adalah zink dan vitamin B. Selain itu, asupan omega-3 juga penting untuk meningkatkan nutrisi dan mengurangi peradangan kulit kepala pada pengidap ketombe.

Itulah 4 cara menghilangkan ketombe yang mudah dan efektif.