Cara Mengatasi Tubuh Menggigil

7 Cara Mengatasi Badan Menggigil Kedinginan

 

Menggigil bukan Cuma pertanda jika tubuh merasa kedinginan. Tetapi juga bisa keran efek obat atau masalah kesehatan tertentu.

Menggigil sering kali menjadi respon tubuh saat merasa kedinginan. Namun, kondisi ini juga bisa muncul karena faktor lain seperti masalah kesehatan atau respons emosi. Sebab, ada beberapa masalah kesehatan yang memang sering membuat tubuh menjadi menggigil. Untuk mengatasi tubuh yang menggigil. Berikut ada beberapa cara mengatasi tubuh saat menggigil

  1. Mengenakan pakaian hangat

Jika penyebab tubuh gemetar karena suhu dingin, anda bisa kenakan jaket atau selimut tebal. Cari tempat atau area yang hangat. Kamu juga bisa menurunkan suhu pendingin udara atau menyalakan pemanas ruangan.

  1. Minum obat demam

Kamu juga bisa mengonsumsi obat penurun demam jika penyebab gemetar adalah infeksi. Kamu bisa mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen untuk membantu mengatasinya. Selain itu, kompres tubuh dan kening dengan air hangat juga dapat membantu meredakan demam, serta meringankan gejala lainnya seperti pusing atau sakit kepala.

  1. Minum jahe hangat

Jahe telah lama diyakini dapat menghangatkan tubuh saat menggigil. Tanaman herbal ini memberikan sensasi panas dan rasa sedikit pedas, sehingga dianggap efektif untuk menghangatkan tubuh saat kedinginan. Kamu bisa minum jahe hangat dengan dicampur madu. Iris beberapa bagian jahe lalu rebus hingga sari-sarinya keluar. Ketika air sudah berubah kecoklatan, artinya sari-sari jahe sudah mulai keluar. Saring dan minum rebusan air jahe.

  1. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat

Apabila anda menggigil karena perut kosong atau sedang kelaparan, makan camilan tinggi karbohidrat seperti roti, nasi, atau pisang. Makanan tersebut dapat meningkatkan gula darah dan meredakan gejala menggigil.

  1. Minum air secukupnya

Tubuh yang kekurangan cairan bisa membuat aliran darah pada tubuh menjadi terhambat. Akibatnya, tubuh akan menjadi sulit mengatur tubuh. Akibatnya, kamu merasakan kedinginan dan menggigil, meski saat tidak berada di lingkungan yang dingin. Oleh sebab itu, konsumsi air putih yang cukup untuk mencegah aliran darah yang terhambat.

Itulah 5 tips mengatasi tubuh yang menggigil.