Cara Mengatasi Ketakutan Yang Berlebih

9 Cara Mengusir Rasa Takut yang Berlebihan

Ketakutan adalah respon vital seseorang terhadap bahaya fisik dan emosional. Rasa takut seolah-olah membuat orang tidak mampu melindungi dirinya dari ancaman yang sedang ia hadapi. Serangan ketakutan ini dapat muncul saat kamu akan melakukan presentasi pertama kalinya atau saat kamu sedang melakukan kencan pertama. Nah, serangan ketakutan ini dikenal dengan rasa gugup. Namun, ketika ketakutan yang dialami dirasa sangat mengancam hingga dapat menggangu aktivitas kehidupan sehari-hari, maka kamu dianggap mengalami fobia atau rasa takut yang berlebihan akan sesuatu. Berikut beberapa cara mengatasi ketakutan yang berlebihan

  1. Cari waktu untuk menenangkan diri

Mengatasi ketakutan memerlukan pikiran yang santai dan terbebas dari stress. Maka, hal pertama yang dapat dilakukan adalah menenangkan diri secara fisik dan juga mental. Hal ini dapat anda lakukan dengan cara menarik napas dalam, minum air, atau mencari pengalihan dari rasa takut tersebut dengan berjalan kaki atau mendengarkan music yang ceria.

  1. Kenali pemicu kecemasan dan rasa takut

Untuk bisa mengatasi ketakutan berlebihan, anda sebelumnya harus tahu apa penyebab dan apa saja gejala yang ditunjukkan ketika merasa takut. Dengan begitu anda akan jadi lebih mudah memfokuskan diri untuk mencari cara mencegah dan mengurangi masalahnya, daripada menghindari yang nantinya akan berbuah negatif.

  1. Bangun kepercayaan diri

Mengatasi rasa ketakutan tak bisa dilakukan dalam sekejap mata. Tapi ada satu hal yang dapat mempercepatnya adalah dengan memiliki rasa kepercayaan diri yang kuat. Menghindari rasa takut hanya dapat membuatnya bertambah serius. Lawan rasa takut tersebut atau melakukan hal yang sebelumnya anda hindari akan menurunkan respon emosional terhadap ketakutan tersebut.

  1. Bayangkan hal terburuk yang akan terjadi

Memperkirakan kemungkinan terburuk dapat membantu anda lebih realistis dalam memperkirakan kerugian apa yang mungkin dapat dialami. Selain itu dengan menyadari hal terburuk otak akan mulai mengenali ancaman tersebut, meningkatkan kecemasan dan kemudian mendorong untuk lebih siap menghadapinya.

Itulah 4 cara mengatasi ketakutan yang berlebihan. Anda harus selalu berpikir positif terhadap diri sendiri, karena hal itu akan meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian.