Cara Mencegah Engkel Yang Kerap Terjadi Pada Atlet

Catat, Ini Berbagai Cara Mengobati Cedera Engkel

Cedera engkel adlaah gangguan pada pergelangan kaki akibat perubahan gerak secara tiba-tiba. Langkah mengatasinya adalah dengan cara Latihan keseimbangan dan menggunakan Sepatu khusus.

Cedera engkel atau angkle sprain terjadi pada pergelangan kaki akibat urat yang mengikat tulang. Gangguan ini ini menyebabkan atau pada ligament alias bagian yang membantu menyatukan pergelangan kaki. Cedera engkel dipicu oleh peregangan yang berlebihan saat berolahraga. Tak hanya itu, masalah ini juga bisa terjadi akibat melakukan gerakan memutar atau perubahan posisi secara tiba-tiba. Gangguan ini umum dialami di pergelangan kaki ini dapat diatas dengan melakukan Latihan keseimbangan. Namun, ada beberapa cara mencegah terkena engkel. Berikut beberapa tipsnya.

  1. Melakukan Latihan Keseimbangan

Langkah pertama untuk mencegah engkel adalah dengan melakukan Latihan keseimbangan. Caranya berdiri dengan menggunakan satu kaki, menggunakan tumit dan jari kaki saat berjalan, Latihan squat dan memutar kaki searah jarum jam.

  1. Menggunakan Sepatu khusus

Seseorang dengan lengkungan kaki yang rendah harus memiliki Sepatu yang tepat. Sepatu harus memiliki bantalan untuk menopang lengkungan bawah telapak kaki. Juga, harus memiliki bantalan tumit yang empuk agar gerakan tetap stabil.

  1. Meningkatkan Fleksibilitas

Tak hanya Latihan keseimbangan, fleksibilitas juga perlu diasah dengan baik guna mencegah cedera engkel. Caranya dilakukan dengan Teknik peregangan sederhana selama 30 hingga 60 detik setelah pemanasan.

Peregangan sederhana dapat membantu meredakan ketidaknyamanan dan meningkatkan mobilitas kaki bawah, khususnya pada ligament.

  1. Menggunakan Brace

Mencegah cedera engkle bisa dilakukan dengan menggunakan plester pergelangan kaki atau kinesio tape. Alat ini seperti koyo dan berfungsi untuk menjaga fungsi otot dan mempertahankan posisinya.

Alat ini juga dapat meringankan rasa sakit pada pergelangan kaki saat berolahraga. Juga, mempercepat proses pemulihan cedera di area persendian dan mengobati peradangan di area bawah kulit.

  1. Tingkatkan kekuatan pergelangan kaki

Selanjutnya, langkah mencegah cedera engkel ini dilakukan dengan Latihan kekuatan otot kaki, seperti squad, lunges, dips, dan Latihan penguatan karet gelang. Jika dilakukan secara rutin, Latihan dapat membantu otot dalam mengontrol perubahan atau gerakan tubuh.

Itulah 5 cara mencegah terjadinya engkel yang biasanya terjadi pada atlet.