Cara Menaikkan Massa Otot Yang Mudah Dilakukan

6 Cara Membesarkan Otot Lengan dengan Mudah - Alodokter

Cara menaikkan massa otot tidak akan cukup bila hanya mengandalkan Latihan angkat beban saja, tapi juga haarus didukung dengan faktor lain. Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah mencukupi asupan nutrisi. Agar tidak salah langkah, ikuti panduan berikut.

Proses pembentukan otot didorong oleh beberapa faktor, yaitu kadar hormon testosterone dan hormon pertumbuhan serta jumlah nutrisi pada otot, terutama protein.

Selain semua faktor internal di atas, pertumbuhan otot juga didukung dengan berbagai cara menikkan massa otot, mulai dari menjalani Latihan ketahanan tubuh hingga meningkatkan asupan protein. Berikut tips menaikkan massa otot yang mudah dilakukan.

  1. Latihan angkat beban

Cara menaikkan massa otot yang paling utama adalah Latihan angkat beban. Latihan ini mendukung kerja hormon tubuh dalam membangun otot. Latihan angkat beban bisa memberikan tekanan pada otot dan memaksa otot melewati titik lemahnya. Saat kekuatan otot meningkat dan otot tumbuh, tingkatkan beban Latihan secara perlahan agar pembentukan otot bisa berlanjut.

  1. Pastikan asupan protein terpenuhi

Sebagai cara utama untuk menambah massa otot, Latihan angkat beban perlu diimbangi dengan asupan protein yang cukup. Jika tubuh menyimpan banyak protein daripada yang dikeluarkan, otot akan cepat tumbuh.

Ada berbagai jenis makanan yang mengandung protein yang tinggi, yaitu dada ayam, salmon, tuna, telur, daging sapi tanpa lemak, dan kacang almond.

  1. Penuhi kebutuhan air

Minum air putih yang cukup juga diperlukkan untuk menaikkan massa otot. Ini karena kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menghambat pertumbuhan otot. Selain itu, air juga dibutuhkan tubuh untuk membangun struktur pelindung otot.

Oleh karena itu, pastikan jika anda minum air mineral setidaknya 8 gelas setiap hari.

  1. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup dan tidur yang cukup juga tidak kalah penting sebagai cara menaikkan massa otot. Kurang istirahat dan tidur bisa memicu tubuh melepaskan hormon katabolik yang dapat memperlambat pemulihan dan pertumbuhan otot.

Jangan sampai kerja keras Anda untuk meningkatkan massa otot menjadi gagal hanya karena kurang tidur. Jadi, usahakan untuk tidur minimal 8 jam selama proses pembentukan otot.

Itulat 4 cara untuk menaikkan massa otot yang mudah untuk dilakukan.