Cara Melakukan Bulking Untuk Menambah Massa Otot

Nutrition for Bulking — 10 Tips for Intelligent Muscle Gain | BarBend

Secara umum, bulking adalah meningkatkan asupan kalori dalam jumlah kalori lebih banyak dari kalori yang keluar, untuk meningkatkan dan menguatkan massa otot. Mudahnya, bulking adalah salah satu cara mengendalikan berat badan dengan menambah kekuatan dan massa otot. Bulking bisa kamu lakukan dengan cermat memilih makanan yang tepat dan menjaga asupan makanan.

Tubuh akan memanfaatkan kalori ekstra tersebut sebagai bahan bakar saat kita membentuk massa otot. Sebenarnya asupan kalori setiap orang berbeda-beda. Hal ini ditentukan pada banyak faktor, seperti usia, intensitas aktivitas fisik, jenis kelamin, dan kondisi genetik. Berikut beberapa cara melakukan Bulking untuk menambah otot.

  1. Tentukan asupan kalori sesuai kebutuhan

Sebenarnya, inti dari melakukan penumbuhan massa otot atau bulking adalah meningkatkan asupan kalori bahkan lebih dari kebutuhan sehari. Jadi, sebelum memulainya, sebaiknya kamu tahu berapa asupan kalori harian yang tubuh kamu perlukan untuk menjaga berat badan. Selanjutnya, tambah kalori kira-kira 10-20 persen dari total kebutuhan tersebut selama kamu menjalani bulking.

  1. Bulking tidak makan sembarangan

Meski tujuan bulking adalah menambah berat badan, bukan berarti kamu bisa makan semua jenis makanan. Sebaiknya, kamu makanan dengan gizi yang rendah, misalnya makanan dengan lemak jenuh, minuman bersoda, atau makanan olahan. Sebab, bulking yang tepat adalah dengan mengharuskan mengelola asupan makanan dengan nutrisi seimbang.

  1. Pastikan tubuh mendapat cukup makanan

Kamu juga harus memastikan bahwa porsi asupan makanan memang sudah sesuai dengan target harian yang sudah kamu tetapkan. Sebab, kamu hanya bisa melakukan bulking apabila tubuh mendapatkan kalori lebih dari kebutuhan harian. Artinya, kamu harus mengusahakan untuk mencapai target kalori harian yang sesuai dengan kebutuhan selama kamu bulking.

  1. Mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup

Salah satu nutrisi penting untuk kamu yang sedang bulking adalah serat. Jenis gizi ini memiliki peran utama untuk membuat kamu merasa kenyang tanpa harus makan terlalu banyak. Selain itu, serat juga baik untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap baik.

Itulah 4 cara bulking dengan benar untuk menambah massa otot. Saat bulking jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan jangan terlalu berlebihan menambah kalori.