Cara Ampuh Meningkatkan Daya Ingat

7 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat - TIMES Indonesia

Daya ingat yang kuat bergantung pada ksesehatan dan vitalitas otak seseorang. Otak manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk beradaptasi dan berubah, meski usia seseorang sudah tidak muda lagi. Kemampuan ini sering disebut juga dengan neuroplastisitas. Dengan stimulasi yang tepat, otak dapat membentuk jalur saraf baru, mengubah koneksi yang ada, dan beradaptasi serta bereaksi dengan cara yang berbeda-beda. Kemampaun luar biasa dari otak tersebut dapat membentuk kembali fungsi sebenarnya terkait pembelajaran dan memori. Kamu dapat memanfaatkan beberapa yang alami untuk meningkatkan kemampuanmu, seperti kemampuan kognitif, kemampuan mempelajari informasi baru, hingga daya ingat. Berikut cara ampuh untuk meningkatkan daya ingat.

  1. Latih Otak

Melatih keterampilan kognitif dengan bermain permainan otak adalah cata yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan daya ingat. Permainan seperti teka-teki silang, permainan mengingat kata, tetris, dan game ponsel yang didedikasi untuk pelatihan memori adalah cara terbaik untuk memperkuat memori. Permainan melatih otak juga sudah terbukti membantu mengurangi dimensia pada orang dewasa yang lebih tua.

  1. Fokuskan perhatian

Perhatian adalah salah satu komponen utama dari ingatan. Agar informasi berpindah dari memori jangka pendek ke memori jangka Panjang, perlu secara aktif memperhatikan secara fokus. Cobalah untuk belajar di tempat yang bebas dari gangguang music, televisi, dan hiburan lainnya. Sisihkan waktu singkat untuk menyendiri dan fokus pada apa yang dikerjakan atau yang diingat.

  1. Pelajari hal baru

Kekuatan memori sama seperti kekuatan otot. Semakin banyak digunakan, pasti akan semakin kuat jadinya. Sama seperti otot yang memerlukan Latihan berat untuk menjadi lebih kuat, otak juga harus dilatih terus menerus dengan tingkatan tertentu. Mempelajari keterampilan hal baru adalah cara terbaik untuk memperkuat kapasitas memori otak. Cara meningkatkan daya ini contohnya belajar bahasa baru, menari, atau berkegiatan lainnya.

  1. Coba buat mnemonic

Mnemonic adalah sebuah Teknik yang sering digunakan siswa untuk membantu mengingat. Sebuah mnemonic adalah cara untuk mengingat informasi. Misalnya, kamu mungkin mengaitkan istilah yang perlu diingat dengan item umum yang sangat dikenal. Perangkat mnemonic dapat berupa akronim, singkatan, lagu, atau pantun.

Itulah 4 cara ampuh untuk meningkatkan daya ingat kamu.