Cara Ampuh Atasi Perut Kembung dan Begah

Playxfit – Perut kembung atau begah adalah suatu kondisi saat perut terasa seperti tertekan. Terkadang, perut kembung juga menyebabkan rasa sakit di perut hingga lebih sering kentut. Tidak perlu khawatir jika perut kembung karena kebanyakan penyebabnya tidak berbahaya. Keluhan ini juga dapat membaik dengan sendirinya. Namun, rasa tidak nyaman bisa lebih cepat hilang dengan cara mengatasi perut kembung berikut.

1. Gunakan Minyak Peppermint

Pertolongan pertama yang paling mudah adalah Anda dapat menggunakan minyak peppermint. Kembung bisa disebabkan oleh perubahan fungsi otot-otot di saluran pencernaan. Maka dari itu, penggunaan obat-obatan yang disebut antispasmodik dapat membantu mengurangi kejang otot dan telah terbukti bermanfaat. Minyak peppermint adalah zat alami yang diyakini berfungsi dengan cara yang sama dengan obat ini. Biasanya setelah menggunakan minyak peppermint atau minyak angin, perut akan terasa lebih enak.

 

2. Kompres Air Hangat

Cara kedua adalah mengompres perut dengan air hangat. Cukup siapkan waslap atau kain bersih, baskom, dan air hangat. Rendam waslap atau kain bersih dalam satu baskom air hangat, lalu peras kelebihan airnya. Tempelkan kompres hangat tersebut selama 10 – 15 menit di atas perut untuk meredakan rasa nyeri dan kram. Suhu hangat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga darah yang membawa oksigen bisa mengalir dengan lancar. Otot-otot perut juga menjadi lebih kendur dan rileks, sehingga bisa mengurangi sakit perut, kembung, serta mengeluarkan kelebihan gas.

 

3. Lakukan Kardio Selama 5 Menit

Kemudian, Anda juga dapat mencoba untuk lebih banyak bergerak. Saat perut terasa begah karena kembung, jangan hanya duduk diam dan membiarkan kondisi ini menjadi berlarut-larut. Lekas bangkit dari duduk, kemudian cobalah berjalan kaki sebentar kira-kira 10 – 15 menit saja.  Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga kardio selama lima menit. Kardio mampu meningkatkan pernapasan, detak jantung, serta merangsang otot dan saraf agar bekerja secara optimal. Kondisi ini merangsang usus untuk berkontraksi secara alamiah. Otot usus yang berkontraksi secara efisien memperlancar pengeluaran makanan di usus dan membantu mengeluarkan gas penyebab perut kembung.