Buah Persik Dapat Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Playxfit – Buah persik (peach) atau yang dikenal dengan nama latin Prunus persica (L.) berasal dari negara Tiongkok lebih dari 8000 tahun silam. Buah ini memiliki kulit yang tipis dan berbulu halus, serta daging buahnya berwarna jingga kekuningan. Selain dikonsumsi secara langsung, buah persik juga dapat diolah menjadi jus, selai, kue, dan berbagai jenis santapan menarik lainnya. Berikut beberapa manfaat baik dari buah persik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Fresh organic peaches, whole and sliced, with leaves, on rustic wooden background

1. Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Manfaat buah persik yang pertama adalah dapat menjaga keseimbangan berat badan. Cara mengurangi berat badan adalah dengan mengatur porsi makan serta memilih asupan makanan yang masuk. Selain asupan protein, karbohidrat, dan sayur jangan lupa untuk mengonsumsi buah. Serat dalam buah persik dapat membantu Anda untuk tetap kenyang sekaligus melancarkan pencernaan. Selain itu, buah persik juga mempunyai manfaat untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.

 

2. Melembabkan Kulit dan Menghambat Penuaan Dini

Buah persik dapat melembabkan kulit dan enghambat penuaan dini. Buah persik memiliki kandungan seramid tinggi, sehingga dapat menjaga kelembapan kulit Anda. Selain itu, vitamin C dalam buah persik juga berperan dalam menghambat penuaan dini.

 

3. Mencegah Pertumbuhan Kanker

Selanjutnya buah persik juga dapat mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh. Kulit buah persik mengandung karotenoid serta asam caffeic yang merupakan antioksidan dan memiliki sifat antikanker. Kandungan lainnya seperti polifenol juga sangat bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan dan membatasi penyebaran sel kanker.

 

4. Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi buah persik juga dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan beta karoten, alfa karoten, dan beta crytoxanthin yang terkandung dalam buah persik berperan dalam pembentukan vitamin A. Maka dari itu, buah ini baik untuk menjaga kesehatan mata.

 

5. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Buah persik ternyata juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan vitamin K serta antioksidan di dalamnya berperan penting dalam pembentukan kolagen. Kedua kandungan tersebut berkhasiat sebagai sistem pelindung serta membantu meningkatkan kekuatan kulit, sehingga kulit yang terluka dapat dengan cepat pulih.