Bahaya Minum Es Tingkatkan Berat Badan

Playxfit – Cuaca panas seringkali membuat kita ingin meminum atau mengonsumsi yang segar-segar, salah satunya adalah minum es.

Ketika cuaca panas, berkeringat, kemudian Anda minum es, pasti rasanya menyegarkan sekali dan menyelamatkan dahaga Anda. Namun, apakah sehat mengonsumsi es setiap hari?

 

1. Meningkatkan Berat Badan

Bahaya minum es terlalu banyak dan sering yang pertama adalah meningkatkan berat badan. Mengapa? Padahal banyak orang membantah bahwa minum air es tidak dapat meningkatkan berat badan, karena air tidak mengandung kalori.

Ternyata, air es dapat membekukan lemak yang ada di tubuh kita, tepatnya di peredaran darah. Dengan begitu dapat menghambat peredaran darah yang berakibat proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh menjadi terganggu. Maka dari itu, berat badan akan meningkat secara signifikan.

 

2. Memicu Batu Ginjal

Selain meningkatkan berat bada, minum es juga dapat memicu batu ginjal, apalagi jika yang diminum sifatnya dingin dan manis. Contohnya minum es teh, zat oxalate dapat menjadi pemicu utama terbentuknya batu ginjal. Lebih aman, Anda mengonsumsi air putih es, atau lebih aman lagi ditambah air jeruk lemon, karena asam sitrat dalam jeruk lemon dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

 

3. Menyebabkan Radang Tenggorokan

Jika Anda setiap hari minum es, pasti akan menyiksa tenggorokan Anda. Apa penyebab utamanya? Terlalu sering meminum air es ternyata dapat menyebabkan munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan menyebabkan saluran tenggorokan menjadi mudah terkena infeksi dan radang, sehingga dapat memicu gangguan pada sistem pernafasan dan menyebabkan munculnya radang tenggorokan.

 

4. Menyebabkan Pembekuan di Otak

Bahaya selanjutkan adalah menyebakan pembekuan di otak. Minum air es dapat meningkatkan aliran darah menuju otak sehingga kita tiba-tiba merasa pusing dan perlahan terjadi pembekuan otak. Jika Anda memiliki riwayat migrain, potensi terkena pembekuan otak karena minum air es lebih besar. Lebih baik dan sehat minum air putih biasa untuk menjaga tubuh tetap sehat.