Atasi Sinusitis dengan Mudah di Rumah secara Alami

Playxfit – Apakah Anda sedang mengalami hidung tersumbat, demam, sakit kepala, dan timbulnya rasa nyeri pada bagian wajah? Bisa saja itu ciri-ciri Anda terkena sinusitis, yang nanti akan terjadi penebalan dinding tulang pipi dan dahi yang berfungsi mengatur suhu dan kelembapan udara sebelum masuk ke paru. Kemudian bagaimana mengatasi sinusitis secara alami hanya dari rumah?

 

1. Hirup Uap Hangat

Tips pertama, Anda dapat menghirup uap hangat tiga kali sehari. Anda bisa menghirup uap hangat dari mangkuk atau baskom berisi air panas. Namun, ingat, jangan menghirup uap dari air yang masih dimasak di atas kompor. Anda juga bisa mengompres area sekitar hidung dengan handuk hangat.

 

2. Konsumsi Jahe

Anda juga bisa mengonsumsi jahe yang pasti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Menurut penelitian, jaheĀ  mengandung antimikroba, antiseptik, antioksidatif, dan antiinflamasi yang sangat baik untuk penanganan sinusitis. Kalau ditelaah lebih lanjut, sinusitis merupakan inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Untuk menikmati jahe, Anda dapat mencampurkannya ke dalam teh hangat untuk membantu melegakan saluran pernapasan.

 

3. Menjaga Kelembapan Ruangan

Anda juga harus menjaga agar udara di dalam ruangan selalu lembab. Pasanglah humidifier di tempat yang sering Anda gunakan. Mengapa butuh kelembaban? Karena menghirup udara yang kering dapat menyebabkan iritasi pada sinus, sedangkan menghirup udara yang lembap dapat mengurangi keluhan hidung tersumbat.

 

4. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selanjutnya, Anda juga harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh untuk mengatasi sinusitis. Minumlah air putih 8-9 gelas per hari agar tubuh selalu terhidrasi dan tidak kering. Anda juga bisa menambah konsumsi jus buah dan sayur, agar tubuh benar-benar sehat. Hindari untuk mengonsumsi minuman beralkohol dan kafein, karena tubuh akan lebih cepat terhidrasi.

 

5. Bilas Hidung

Cara yang terakhir adalah membilas hidung Anda untuk membersihkan sinus dari lendir dan kotoran yang mengiritasi sinus, sehingga dapat mengurangi pembengkakan. Bilas hidung dengan larutan garam. Campur air hangat dengan garam, tambahkan sedikit baking soda. Masukkan larutan ke dalam neti pot (bisa dibeli di apotek) atau teko kecil yang bersih. Anda dapat memiringkan kepala kemudian menuangkan air garam. Biarkan larutan mengalir keluar melalui lubang hidung lainnya.