Atasi Perut Kembung dengan Hal ini

Playxfit – Perut kembung merupakan gangguan yang bisa dialami oleh siapa saja dan pasti mengalaminya. Seringkali kita sulit mengidentifikasi apa penyebab munculnya rasa kembung di perut, karena rasa kembung datang begitu saja.

Munculnya kembung di perut bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari makanan, aktiivitas, hingga cuaca yang sedang kita hadapi. Biasanya kita tidak mengerti bagaimana cara meredakan perut kembung yang menganggu. Anda akan merasa kembung menganggu jika gas di dalam perut tidak dapat dikeluarkan.

Beberapa tips mengatasi kembung :

  • Jangan makan terlalu banyak dan cepat.
  • Hindari makanan dan minuman yang menghasilkan gas lebih banyak, seperti minuman bersoda, kubis, kacang-kacangan, dan lain-lain.
  • HIndari merokok.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik.

Nah, berikut juga ada beberapa makanan dan minuman sederhana yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi perut kembung.

 

1. Jahe

Ini Perbedaan Jahe Merah dan Jahe Biasa

Jahe merupakan obat herbal yang paling ampuh mengatasi perut kembung dan begah. Khasiat dari rasa pedas jahe sudah tidak diragukan lagi dapat meredakan gangguan perut kembung Anda. Sifat antiradang dalam jahe dapat mengatasi gas berlebih dalam perut.

Zingibain sebagai enzim pencernaan dalam jahe juga dapat memecah protein dengan cepat. Setelah Anda mengonsumsi jahe maka usus dapat lebih tenang, mengurangi peradangan usus besar, dan membantu memperlancar proses pencernaan.

 

2. Lemon

What to do with lemons - Healthy Food Guide

Selanjutnya ada buah lemon yang kita kenal rasanya asam dan sangat segar. Dibalik kesegaran yang ditawarkan lemon, ternyata lemon juga dapat membantu mengatasi perut yang kembung dan masalah pencernaan yang lain. Proses pencernaan di dalam perut akan lebih cepat dengan mengonsumsi lemon.

 

3. Yoghurt

7 Cara Membuat Yoghurt Ala Rumahan yang Sehat dan Enak, Mudah Dibuat |  merdeka.com

Bahan makanan ketiga yang dapat meredakan perut kembung adalah yoghurt. Susu fermentasi dengan bakteri baik ini dapat membantu menjaga fungsi saluran pencernaan dan mengurangi penumpukan gas berlebih di dalam perut.

 

4. Pepaya

10 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Halaman all - Kompas.com

Kemudian ada buah pepaya yang memang terkenal sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan tubuh. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat memecah makanan dan mengelaurkan gas berlebih, sehingga dapat mengatasi perut kembung dengan efektif.