Atasi Diare Dengan Mudah

Playxfit – Setiap orang pasti pernah mengalami diare yang datangnya tiba-tiba. Anda dikatakan mengalami diare jika kotoran yang dikeluarkan pada saat buang air besar (BAB) berair, perut juga bisa terasa kram dan kembung. Diare bisa disebabkan oleh makanan yang kita makan atau virus yang masuk ke tubuh kita. Namun seringkali, kita terserang diare setelah mengonsumsi makanan yang kurang bersih atau tidak sesuai dengan kekebalan tubuh kita.

Diare bisa terjadi 2 hingga 3 hari jika parah, dan selama terserang diare Anda akan lebih sering BAB, dan pastinya kekurangan cairan, tenaga, dan perut terasa mulas

Untuk mengatasi diare dengan mudah dan cepat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah Anda temukan di rumah, Anda bisa mencoba beberapa bahan berikut untuk mengatasi diare.

 

1. Oralit Buatan Sendiri

Berikut 7 Obat Alami untuk Membantu Menyembuhkan Tipes pada Anak |  BukaReview

Pertolongan pertama yang bisa diberikan adalah mengonsumsi oralit yang terbukti ampuh mengatasi diare. Oralit dapat menggantikan cairan tubuh dan kadar elektrolit yang hilang dalam tubuh karena banyak cairan yang keluar dari tubuh Anda.

Jika Anda tidak memiliki oralit dari apotek, ternyata Anda bisa membuat oralit sendiri di rumah. Bahan yang Anda butuhkan hanya garam dan gula. Fungsi garam adalah menahan cairan dalam tubuh agar tidak keluar. Kemudian fungsi gula adalah membantu tubuh menyerap garam. Satu sendok gula dan garam dicampur dengan air 250 ml, jadilah oralit. Dengan minum oralit, akan menyeimbangkan cairan yang masuk dna keluar dari tubuh,

 

2. Teh Chamomile

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Coba Minum Teh Chamomile

Kemudian cara yang kedua adalah mengonsumsi teh chamomile. Kandungan zat aktif anti peradangan di dalam chamomile dapat membuat perut dan tubuh lebih tenang dan mengatasi kembung. Usus Anda akan tetap tenang dan sehat jika mengonsumsi teh chamomile pada saat terserang diare.

Cara mudah mengolah chamomile adalah, rebus tangkai bunga chamomile kering secukupnya hingga mendidih. Kemudian tuangkan hasilnya ke gelas. Anda bisa menambahkan madu atau air jeruk lemon supaya lebih manis dan segar. Teh chamomile pun siap diminum untuk mengatasi perut diare.

 

3. Pisang

Manfaat Buah Pisang untuk Mengatasi Mag

Selanjutnya ada buah pisang yang dapat mengatasi diare dibanding buah-buah yang lainnya. Menurut penelitian, pisang sangat cocok untuk mengobati diare secara alami karena kandungan kalium yang dimilikinya dapat menggantikan elektrolit yang hilang saat terserang diare. Kandungan pektin dalam pisang juga dapat menyerap cairan dalam usus dan tinja yang nantinya dikeluarkan akan lebih padat.

 

4. Yoghurt

7 Cara Membuat Yoghurt Ala Rumahan yang Sehat dan Enak, Mudah Dibuat |  merdeka.com

Bahan makanan yang berikutnya adalah yoghurt. Penelitian membuktikan, bahwa saat Anda terserang diare, selain menggantikan cairan yang keluar, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik tinggi. Di dalam yoghurt juga mengandung probiotik tinggi, yang berperan sebagai bakteri baik dalam usus yang dapat memerangi diare.

 

5. Daging Kukus

Resep Daging Kukus Sayuran - Menu Makan Malam Spesial di Akhir Pekan -  TribunStyle.com

Kemudian makanan yang bisa Anda konsumsi saat diare adalah daging kukus. Anda bisa menggunakan berbagai jenis daging seperti ayam, sapi, atau ikan. Daging-daging tersebut mengandung protein baik. Anda harus mengolahnya tanpa minyak atau mentega, dan jika terserang diare sangat tidak disarankan untuk makan goreng-gorengan.