Atasi Diabetes dengan Mengonsumsi Buah Kersen

Playxfit – Buah kersen sering kita temui di area taman. Banyak orang yang menyebutnya sebagai buah ceri karena bentuknya bulat, berwarna merah, dan rasanya pun manis. Ternyata buah kersen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, lho. Apa saja? Yuk, simak !

 

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat yang pertama dari mengonsumsi buah kersen adalah menurunkan tekanan darah tinggi atau biasanya kita sebut hipertensi.

Buah kersen memiliki kandungan oksida nitrat, salah satu zat kimia alami dalam tubuh yang membantu pembuluh darah untuk lebih rileks. Dengan begitu, darah dapat lebih mudah mengalir dan mengurangi tekanannya.

 

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Kedua, makan buah kersen dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Saat pencernaan terganggu, biasanya akan terasa perut kembung, heartburn, buang angin terus-menerus, mual, dan muntah. Buah kersen dapat mengatasi masalah tersebut karena memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat membantu Anda mencegah sekaligus mengatasi masalah pada saluran pencernaan, salah satunya tukak lambung.

 

3. Mengatasi Diabetes

Mari kita lihat manfaat dari daun kersen juga, daun Kersen ternyata bisa mengatasi diabetes melitus. Senyawa flavonoid di dalamnya dapat menurunkan kadar glukosa darah.

Penderita diabetes disarankan mengonsumsi air rebusan daun kersen sebanyak dua kali dalam sehari. Gunakan 10–15 lembar daun kersen untuk menghasilkan teh.

4. Mengatasi Asam Urat

Terakhir, mengonsumsi kersen dapat mengatasi asam urat. Seperti apa gangguan asam urat? Penyakit ini merupakan suatu gangguan kesehatan akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan purin yang tinggi sepertiĀ  produk olahan susu, makanan hasil laut, daging merah berlemak, minuman beralkohol, bahan makanan dengan kadar gula tinggi, jeroan, atau gorengan.

Kandungan vitamin C, antosianin, dan flavonoid dalam buah dan daun kersen dapat digunakan sebagai obat penyakit asam urat karena efek anti radang yang dimilikinya. Penderita asam urat dianjurkan untuk mengonsumsi air rebusan daun kersen beserta buahnya secara rutin.