Atasi Biduran secara Alami di Rumah

Playxfit – Biduran atau urtikaria adalah ruam kemerahan yang muncul pada kulit. Biduran merupakan salah satu masalah kesehatan kulit yang paling sering terjadi. Diperkirakan sekitar 20% orang dewasa pernah mengalami biduran setidaknya sekali dalam hidupnya.

1. Mandi dengan Larutan Antigatal

Ada beberapa produk yang bisa Anda tambahkan ke bak mandi untuk membantu meredakan rasa gatal akibat biduran. Salah satunya adalah oatmeal(khusus dipasarkan sebagai produk oatmeal koloid untuk mandi) atau soda kue.

Anda juga dapat menggunakan sabun dan losion khusus untuk kulit sensitif. Namun, hindari produk perawatan kulit yang dapat menyebabkan iritasi, seperti sabun yang mengandung pewangi.

 

2. Es Batu

Hindari mengompres bagian kulit yang mengalami biduran dengan kompres panas. Selain menambah rasa gatal yang dialami, mengompres panas meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Gunakan es batu yang dibalut dengan kain dan gunakan kompres dingin pada bagian kulit yang mengalami biduran untuk menurunkan gejala yang dialami.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Cara mengatasi biduran secara alami yaitu dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung, terutama di siang hari. Panas matahari dapat meningkatkan suhu tubuh dan menyebabkan biduran.

Untuk itu, jika Anda alergi dengan suhu udara panas, baiknya mengantisipasi diri dengan tidak banyak beraktivitas di luar ruangan dan selalu memakai tabir surya terlebih dulu supaya kulit terlindungi.

 

4. Oatmeal

Melansir dari WebMD, gunakan oatmeal untuk mengatasi rasa gatal yang muncul akibat biduran. Caranya, kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai masker tubuh saat mandi. Usapkan campuran oatmeal dan air secara perlahan pada bagian-bagian tubuh yang mengalami biduran.

Kandungan antiinflamasi dalam oatmeal membantu mengurangi gatal yang dirasakan. Pastikan kamu membilas tubuh dengan air yang tidak terlalu panas karena meningkatkan kembali rasa gatal pada kulit.

 

5. Gel Lidah Buaya

Melansir Healthline, gel dari tanaman aloe vera atau lidah buaya dikenal bersifat anti-inflamasi dan sering digunakan untuk mengobati kulit iritasi serta meredakan gatal-gatal.

Sebelum mengoleskan ke area kulit yang mengalami biduran, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap gel tanaman ini.

Nantinya gel aloe vera tersebut dioleskan secukupnya ke kulit biduran sampai kondisinya membaik.