Aktivitas Lancar Tanpa Bau Ketiak

Playxfit РSetiap hari pasti tubuh kita menghasilkan dan mengeluarkan keringat. Ada beberapa orang ketika berkeringat juga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Melakukan aktivitas sehari-hari disertai bau ketiak pastinya tidak nyaman bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Terkadang karena bau ketiak, kita jadi dijauhi banyak orang. Namun, terkadang kita juga tidak menyadari kalau ketiak kita bau. Sebenarnya keringat yang dikeluarkan tubuh tidak memiliki bau yang signifikan. Menurut penelitian, bau ketiak muncul karena bakteri memecah protein di keringat dan diubah menjadi zat asam. Namun, bau ketiak juga dapat disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu. Pasti kita semua ingin memiliki tubuh yang wangi tanpa bau keringat. Nah, yuk kita simak beberapa cara menghilangkan bau ketiak secara mudah dan alami.

 

1. Mencukur bulu ketiak

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencukur bulu ketiak secra teratur. Mengapa ? Karena bulu ketiak menahan penguapan keringat, sehingga menjadikan ketiak lebih lembab dan akibatnya bakteri yang menyebabkan bau ketiak berkembang lebih cepat.

 

2. Mandi

Cara ke 2 yang dapat dilakukan adalah mandi minimal 2x sehari, di pagi dan sore hari saat cuaca sangat panas dan menyebabkan keringat. Mandi degan air dan sabun dapat mengurangi pertumbuhan bakteri di kulit, dan pastikan Anda menggosok dengan bersih area ketiak hingga bersih.

 

3. Pakai Deodoran

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan deodoran untuk mencegah munculnya bau ketiak yang tidak enak. Anda dapat mengoleskan atau menyemprotkan deodoran setelah mandi. Jangan gunakan deodoran jika ketiak Anda sedang dalam kondisi kotor, karena justru akan memperparah bau ketiak yang tidak enak. Deodoran mengandung senyawa berbasis aluminium yang dapat mengurangi produksi keringat berlebih dan deodoran juga menjadikan kulit lebih asam sehingga bakteri tidak bisa tumbuh.

 

4. Pakai Baju yang Sesuai

Selanjutnya, Anda dapat memilih baju yang sesuai dengan cuaca dan kebutuhan Anda. Gunakan bahan-bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun dan linen. Anda juga harus mengganti baju jika baju sudah kotor dan mencucinya secara teratur. Jangan menggunakan baju yang kotor dipakai berulang-ulang, karena akan emnimbulkan bau yang tidak enak.