9 Makanan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Memberi makan tubuh Anda makanan tertentu dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda kuat. Jika Anda mencari cara untuk mencegah masuk angin musim dingin dan flu, langkah pertama Anda harus mengunjungi toko bahan makanan setempat. Rencanakan menu makanan Anda untuk memasukkan 9 Makanan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

9 Makanan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

1. Teh Hijau

Baik teh hijau maupun hitam dikemas dengan flavonoid, sejenis antioksidan. Di mana teh hijau benar-benar unggul adalah dalam kadar epigallocatechin gallate, atau EGCG, antioksidan kuat lainnya. EGCG telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Proses fermentasi teh hitam melewati banyak menghancurkan EGCG. Teh hijau, di sisi lain, dikukus dan tidak difermentasi, sehingga EGCG dipertahankan.

Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang baik. L-theanine dapat membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel-T Anda.

2. Pepaya

Pepaya adalah buah lain yang mengandung vitamin C. Anda dapat menemukan 224 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan dalam satu pepaya. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

Pepaya memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

3. Kiwi

Seperti halnya pepaya, kiwi secara alami penuh dengan satu ton nutrisi penting, termasuk folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi kiwi lainnya menjaga agar seluruh tubuh Anda berfungsi dengan baik.

4. Ayam

Saat Anda sakit, sup ayam lebih dari sekadar makanan enak dengan efek plasebo. Ini membantu meningkatkan gejala pilek dan juga membantu melindungi Anda dari sakit. Unggas, seperti ayam dan kalkun, kaya akan vitamin B-6. Sekitar 3 ons kalkun ringan atau daging ayam mengandung 40 hingga 50 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan B-6.

Vitamin B-6 adalah pemain penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Ini juga penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat. Stok atau kaldu yang dibuat dengan merebus tulang ayam mengandung gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan tubuh.

5. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari penuh nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, dan vitamin B-6. Mereka juga sangat tinggi vitamin E, antioksidan kuat. Vitamin E penting dalam mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. Makanan lain dengan vitamin E dalam jumlah tinggi termasuk alpukat dan sayuran berdaun gelap.

6. Kerang

 Kerang bukan apa yang terlintas dalam pikiran bagi banyak orang yang mencoba untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka, tetapi beberapa jenis kerang dikemas dengan Zinc. Zinc tidak mendapatkan banyak perhatian seperti vitamin dan mineral lainnya, tetapi tubuh kita membutuhkannya sehingga sel-sel kekebalan tubuh kita dapat berfungsi sebagaimana dimaksud.

7. Brokoli

Brokoli supercharged dengan vitamin dan mineral. Dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya, brokoli adalah salah satu sayuran tersehat yang bisa Anda taruh di meja Anda. Kunci untuk mempertahankan kekuatannya adalah memasaknya sesedikit mungkin – atau lebih baik lagi, tidak sama sekali.

8. Bayam

Bayam membuat daftar kami bukan hanya karena kaya akan vitamin C. Itu juga dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh kita. Mirip dengan brokoli, bayam adalah yang paling sehat jika dimasak sesedikit mungkin sehingga bisa mempertahankan nutrisi. Namun, masakan ringan meningkatkan vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepaskan dari asam oksalat.

9. Yogurt

Cari yogurt yang memiliki “kultur hidup dan aktif” yang tercetak pada label, seperti yogurt Yunani. Kultur ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh Anda untuk membantu melawan penyakit. Cobalah untuk mendapatkan yogurt tawar daripada jenis-jenis yang disukai dan sarat dengan gula. Anda bisa memaniskan yogurt tawar dengan buah-buahan sehat dan sebagai gumpalan madu.

Yoghurt juga dapat menjadi sumber vitamin D yang hebat, jadi cobalah untuk memilih merek yang diperkaya dengan vitamin D. Vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

Baca Juga: Manfaat Hidup Sehat