7 Keuntungan Pushup

7 Keuntungan Pushup РPush Up adalah latihan yang cepat dan efektif untuk membangun kekuatan. Dan dapat dilakukan dari mana saja secara virtual dan tidak memerlukan peralatan apa pun. Ketahuilah 7 Keuntungan Pushup yang bisa anda dapatkan dengan olahraga sederhana tersebut.

7 Keuntungan Pushup

1. Meningkatkan Kekuatan Fungsional melalui Aktivasi Seluruh Tubuh

Saat Anda menurunkan tubuh Anda ke lantai dan “luka bakar” yang akrab mulai melingkupi otot-otot Anda, hal terakhir yang Anda pikirkan adalah jumlah otot yang Anda gunakan. Namun, ini adalah salah satu manfaat utama push-ups. Ketika Anda melakukan latihan ini, secara harfiah setiap otot utama dalam tubuh Anda dipanggil untuk melakukan gerakan tersebut.

Kelompok otot utama, seperti bisep, otot inti, trisep, deltoid anterior, dan kelompok otot tubuh bagian bawah diaktifkan untuk menopang tubuh Anda sambil menstabilkan gerakan Anda. Diklasifikasikan sebagai latihan gabungan – artinya beberapa kelompok otot dipanggil – Anda melatih otot-otot yang paling penting di seluruh tubuh Anda. Pernahkah Anda bertanya-tanya dengan bench press standar sangat mudah bila dibandingkan dengan push up standar? Ini sebabnya.

2. Meregangkan Otot untuk Kesehatan dan Vitalitas

Salah satu manfaat yang paling diremehkan dari melakukan push up adalah peregangan yang diberikannya pada otot bisep dan punggung Anda. Ketika Anda menurunkan diri ke lantai, otot-otot punggung Anda secara efektif diregangkan, dan saat Anda mendorong diri ke posisi awal, bisep Anda mendapatkan peregangan penuh. Ini tidak hanya meningkatkan kelenturan Anda, yang membantu mencegah cedera, tetapi otot yang diregangkan dengan baik memiliki penampilan yang solid dan menarik.

3. Meningkatkan Sistem Kardiovaskular Anda

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, push up digolongkan sebagai latihan gabungan karena memanggil beberapa kelompok otot. Ketika Anda secara bersamaan melibatkan kelompok otot besar, jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk mengirimkan darah yang kaya oksigen ke jaringan otot. Pada akhirnya, kegiatan ini menghasilkan latihan kardiovaskular yang efektif, yang mendukung kesehatan jantung dan mempromosikan pengurangan lemak tubuh yang tersimpan.

4. Meningkatkan Definisi Otot Seluruh Tubuh

Sepanjang gerakan push up, Anda merekrut beragam otot utama dan menstabilkan. Semakin banyak massa otot yang digunakan dalam latihan kekuatan, semakin besar produksi dan pelepasan hormon khusus yang dikenal sebagai HGH, atau hormon pertumbuhan manusia.

Sebagai pria atau wanita muda, tubuh Anda memompa konsentrasi besar hormon khusus ini untuk mendukung pertumbuhan alami seluruh tubuh Anda. Namun, seiring bertambahnya usia, pelepasan HGH secara alami menurun, yang membuat otot menjadi tugas yang menantang bagi orang dewasa yang lebih tua.

Dengan memanggil berbagai macam otot, produksi HGH dipicu, yang akhirnya menghasilkan hipertrofi otot – atau pertumbuhan otot. Untuk memaksimalkan manfaat push up, Anda harus memasukkan latihan ini ke dalam program latihan kekuatan reguler Anda.

5. Melindungi Bahu Anda dari Cidera

Salah satu cedera yang paling melemahkan dan umum terjadi pada individu yang lebih tua adalah cedera rotator cuff. Sementara keparahan cedera ini didasarkan pada sejumlah keadaan unik, melindungi bagian tubuh Anda yang halus ini harus menjadi prioritas.

Push up standar telah ditemukan sebagai salah satu cara paling efektif untuk melindungi sendi bahu Anda dari cedera; terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Karena push up memanggil otot-otot yang menstabilkan, yang mengelilingi sendi rotator cuff, area tubuh ini diperkuat dan dikondisikan untuk gerakan dinamis.

Dengan mendukung kekuatan dan kesehatan otot bahu primer dan sekunder, kemungkinan cedera yang melemahkan secara signifikan lebih rendah.

6. Memperbaiki Postur Anda

Apakah Anda duduk di depan komputer sepanjang hari atau hanya mengabaikan rekomendasi yang mengganggu dari ibu atau guru Anda, postur yang tidak tepat dapat merusak kesehatan dan kenyamanan Anda seiring bertambahnya usia. Salah satu alasan paling umum untuk kurangnya postur yang tepat adalah otot inti yang lemah.

Agar dapat menahan bahu dan punggung dengan benar, seluruh inti Anda harus cukup kuat untuk mendukung posisi vertikal. Ketika push up dijalankan dengan benar, otot-otot yang bertanggung jawab untuk mendukung postur diperkuat dan disetel dengan baik. Selain itu, ketika Anda secara teratur melakukan push up, tubuh Anda secara alami akan bersandar pada postur yang tepat. Ini adalah salah satu manfaat pasif push up yang paling berpengaruh.

7. Mencegah Cidera Punggung bawah

Ada beberapa cedera yang melemahkan seperti cedera punggung bagian bawah. Bagian penting dari tubuh Anda ini mendukung hampir semua gerakan, jadi jika itu rusak atau terluka, bahkan tugas yang paling sederhana pun bisa menjadi sangat menyakitkan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, push-ups memanggil seluruh tubuh Anda untuk menstabilkan gerakannya. Dengan melakukan itu, Anda memperkuat bagian tubuh yang rentan ini.

Dengan mengembangkan kekuatan pada bagian tubuh Anda yang spesifik ini, Anda melatih otot yang bertanggung jawab untuk mengurangi tekanan punggung bagian bawah, yang sangat penting untuk mencegah dan mengobati cedera punggung bawah.

Baca Juga: 7 Langkah Agar Tidak Sulit Tidur