5 Tips Untuk Mencegah Jerawat

Ketahui Berbagai Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat - Alodokter

Jerawat adalah kondisi kulit yang biasa terjadi ketika folikel rambut tersumbat. Sebum, minyak yang membantu menjaga kulit agar tidak kering, dan sel kulit mati bisa menyumbat pori-pori. Hal tersebut lah yang menyebabkan peradangan yang memiliki tanda berupa munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Gangguan kulit ini biasanya terjadi pada bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung. Benjolan inilah yang biasa disebut dengan jerawat. Lalu bagaimana cara mencegah jerawat? Berikut ada beberapa tips untuk mencegah jerawat

  1. Rutin membersihkan wajah

Jerawat bisa muncul Dimana saja, tetapi jerawat lebih sering muncul pada bagian wajah. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa rutin membersihkan wajah atau mencuci wajah secara tepat. Pastikan kamu menggunakan pembersih yang bebas sulfat dan bebas pewangi. Hal yang terpenting adalah jangan terlalu sering mencuci wajah. Cukup dua kali dalam satu hari.

  1. Hidrasi tubuh dengan baik

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kondisi ini dapat memberikan sinyal kepada kelenjar minyak untuk memproduksi minyak secara berlebih. Dehidrasi juga menyebabkan kulit menjadi lebih kusam. Untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, pastikan jika kamu minum air putih minimal delapan kali dalam satu hari.

  1. Batasi penggunaan riasan wajah

Penggunaan make up atau riasan wajah memang sangat tepat untuk membuat wajah lebih segar. Namun, kamu perlu Batasi penggunaan dan kandungan yang ada didalamnya. Penggunaan riasan wajah berlebih dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat. Jika sedang berjerawat, sebaiknya Batasi penggunaan make up untuk sementara guna untuk mencegah peradangan.

  1. Hindari menyentuh wajah sembarangan

Terkadang secara tidak sengaja kita sering menyentuh wajah menggunakan tangan yang masih kotor. Sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut dan selalu menjaga kebersihan tangan. Tangan yang kotor bisa menjadi cara kuman atau bakteri sampai ke wajah. Hal ini bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat pada kulit wajah.

  1. Pola makan sehat

Apa yang kamu makan akan memengaruhi kesehatan kulitmu. Hindari makanan berminyak dan junk food. Sebaiknya, tambahkan buah segar, sayuran, dan biji-bijian ke dalam menu makanan harian.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah jerawat.