5 Tips Relaksasi dengan Mudah di Rumah

Playxfit – Menjalani pekerjaan atau aktivitas sehari-hari pasti membuat kita penat. Terkadang kita perlu relaksasi untuk mengatasi stress dan menyegarkan kembali pikiran kita. Metode ini dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah dan tidak membutuhkan biaya mahal. Tak hanya itu, relaksasi juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan yang dipicu oleh stres. Bagaimana caranya melakukan relaksasi dengan mudah di rumah ?

1. Meditasi Kesadaran

Pertama adalah medtasi kesadaran. Bagaimana caranya? Latihan ini melibatkan duduk dengan nyaman, fokus pada pernapasan, dan membawa perhatian pikiran ke saat ini tanpa hanyut dalam keprihatinan tentang masa lalu atau masa depan. Teknik ini dinilai bermanfaat bagi orang yang mengidap kecemasan, depresi, dan rasa sakit.

 

2. Latihan Pernapasan

Kedua Anda dapat berlatih pernapasan. Teknik relaksasi ini dilakukan dengan menarik napas panjang dan dalam, kemudian diembuskan melalui hidung atau mulut secara perlahan. Lakukan berulang kali hingga Anda merasa tenang dan lebih rileks. Anda juga dapat melakukannya sambil memejamkan mata. Teknik pernpasan ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik dalam posisi berdiri, duduk, atau berbaring di atas tempat tidur. Namun, pastikan Anda melakukannya dengan posisi senyaman mungkin.

 

3. Terapi Musik

Ketiga adalah terapi musik yang pastinya sebagian besar orang sudah tahu bahwa musik merupakan salah satu bentuk seni yang memiliki sifat menyembuhkan. Setiap jenis musik umumnya memiliki efek yang berbeda-beda bagi setiap pendengarnya, tergantung selera atau jenis musik yang disukai. Penelitian membuktikan bahwa musik yang dapat meredakan kecemasan, memperbaiki suasana hati, memperlambat detak jantung, dan mengurangi tekanan darah.

 

4. Pemindaian Tubuh

Anda juga dapat melakukan pemindaian tubuh. Apa itu ? Teknik ini memadukan fokus napas dengan relaksasi otot progresif. Setelah bernapas dalam beberapa menit, Anda harus berfokus pada satu bagian tubuh atau kelompok otot sekaligus. Setelah itu, lepaskan ketegangan fisik yang Anda rasakan. Pemindaian tubuh membantu meningkatkan kesadaran tentang koneksi pikiran dan tubuh.

5. Tenangkan Pikiran dengan Visualisasi 

Tips terakhir adalah tenangkan pikiran dan visualisasi. Anda mungkin membutuhkan memori yang menenangkan, tempat, atau pengalaman dalam pikiran untuk membantu tetap rileks dan fokus. Anda juga dapat mencari aplikasi dan rekaman online dari adegan yang menenangkan. Dengan begini, dapat membantu Anda dalam memperkuat visi positif tentang diri sendiri. Namun, teknik ini sulit untuk mereka yang memiliki pikiran yang mengganggu.