5 Tips Menjadi Orang Pemberani

40 Kata-Kata Nasihat Jadilah Pemberani, Kalahkan Ketakutanmu! - Ragam  Bola.com

Menjadi pemberani dalam segala bidang adalah salah satu cita-cita yang diinginkan oleh banyak orang, tak hanya itu menjadi pemberani juga sangat diidamkan, karena dapat mencuri perhatian orang lain. Tidak heran jika banyak orang terutama laki-laki berlomba menjadi pemberani demi sesuatu yang ia tuju. Tetapi untuk menjadi pemberani juga cukup sulit, karena kita sering mengalami ketakutan dan itu adalah emosi alami dari manusia. Tetapi, hidup dalam ketakutan juga dapat menghambat kita dalam menjalani hidup sehari-hari.

Berikut Tips Untuk menjadi orang yang pemberani :

  1. Akui ketakutanmu

Jangan pernah untuk mencoba menutupi ketakutanmu, karena hal itu akan memberi lebih banyak ketakutan pada diri kita. Kita perlu mengakui ketakutan kita, karena semua orang memiliki ketakutan dan hal itu tidak memalukan. Sebab keberanian adalah bukan menghilangkan rasa takut, tetapi berusaha bergerak lebih maju walaupun merasa takut.

  1. Menghadapinya

Menghadapi rasa takut adalah tetang kita memahami alasan mendasar mengapa kita merasa ketakutan sejak awal melihat tantangan baru. Misalnya, kamu takut untuk minta promosi atau naik jabatan atau mencoba melamar pekerjaan baru. Tanyakan pada diri sendiri apa alasan untuk takut. Apakah takut ditolak, dicemooh? Setelah itu, cobalah untuk sadari jika ketakutan kita adalah ego kita sendiri yang berusaha melindungi diri dari perasaan kurang.

  1. Merasa nyaman dengan menjadi tidak nyaman

Pelopo pengembangan diri Cale Carnegie mangatakan “Lakukan hal yang kita takuti untuk dilakukan dan terus melakukan”. Itu adalah cara tercepat dan cara yang paling pasti yang pernah ditemukan untuk melawan rasa takut. Cara tepat untuk melawan rasa takut adalah dengan menempatkan diri dalam situasi yang mengintimidasi kita. Disaat kita melakukannya, meski takut, ketakutan akan hilang atas kekuatan diri kita sendiri.

  1. Jadikan keberanian sebagai kebiasaan

Setelah kamu berhasil menaklukan ketakutanmu jangan berhenti disitu. Penulis Bernama Monica Berg menuliskan dalam bukunya berjudul “Fear Is not A option” menyarankan untuk membuat daftar hal-hal yang akan kita lakukan untuk tidak menjadi takut. Ketika kita sudah belajar bagaimana hidup dengan berani, kita akan menyadari, betapa banyak hal rasa takut yang menghalangi kita selama ini.

  1. Berlatih Perhatian penuh

Mempraktikkan perhatian penuh dalam semua bidang kehidupan, seperti pernapasan dan meditasi yang dapat membantu kamu untuk menghilangkan kekhawatiran dan kecemasan.

Lakukanlah 5 cara ini supaya kamu menjadi pemberani. Jika kamu sulit untuk melakukannya, lebih baik anda konsultasi kepada dokter psikolog.