5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur

Lima cara "olahraga lidah" atasi kebiasaan mendengkur saat tidur

Mendengkur adalah suara yang dihasilkan pada saat kita tidur. Hal ini umumnya terjadi karena rasa lelah setelah aktivitas seharian yang sudah kita lakukan. Namun, kondisi ini juga menjadi salah satu tanda masalah serius seperti sleep apnea. Mendengkur adalah kebiasaan tidur yang dapat menggangu kenyamanan diri sendiri dan juga orang lain. Tak hanya itu, rupanya mendengkur dapat meningkatkan risiko terkena penyakit sleep apnea, penyakit kardiovaskular dan kanker. Oleh karena itu, kebiasaan mendengkur saat tidur harus segera dihilangkan. Berikut beberapa cara menghilangkan kebiasaan mendengkur.

  1. Mengubah posisi tidur

Tidur dengan posisi terlentang berpotensi menyebabkan sesorang mendengkur. Dalam posisi tidur terlentang, lidah cenderung tertarik kebelakang dan mendekati kerongkongan. Hal tersebut menyebabkan jalan udara menjadi sempit dan menghalangi aliran sebagian udara yang masuk. Hasilnya, muncur suara mendengkur saat anda tertidur. Untuk itu, tidur dalam posisi miring bisa menjadi salah satu cara menghindari kebiasaan mendengkur.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Salah satu penyebab utama seseorang mendengkur adalah kelelahan. Kondisi tubuh yang Lelah membuat seseorang tidur lebih nyenyak. Sehingga membuat seluruh otot yang ada di tubuh, termasuk otot lidah dan tenggorokan menjadi lebih rileks. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidur tepat waktu setiap harinya guna menghindari rasa kelelahan yang berlebihan.

  1. Menjaga kebersihan kamar

Menjaga kebersihan kamar rupanya dapat memengaruhi kualitas tidur dan mengatasi kebiasaan mendengkur saat tidur. Kamar kotor dapat menimbulkan berbagai allergen yang berpotensi menyebabkan penyempitan pada saluran pernapasan akibat reaksi alergi. Akibatnya tubuh akan berusaha mendapatkan oksigen melalui mulut dan hidung. Hal inilah yang dapat menyebabkan mendengkur.

  1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Cara selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Kebutuhan cairan tubuh yang tidak terukupi dapat menyebabkan lender pada hidung dan langit-langit mulut menjadi lebih kental, sehingga dapat menyebabkan dengkuran saat tertidur.

  1. Menjaga berat badan ideal

Berat badan berlebihan atau obesitas adalah salah satu penyebab paling sering seseorang mendengkur. Seseorang dengan berlebihan berat badan memiliki jaringan berlebihan pada leher, tepatnya pada tenggorokan. Lemak berlebihan tersebut akan mengakibatkan leher seakan tertekan dari berbagai sisi leher, sehingga jalan pernapasan lebih sempit dan menimbulkan suara saat tidur.

Anda dapat melakukan 5 cara berikut sebagai cara menghilangkan kebiasaan mendengkur. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter apabila kebiasaan mendengkur tak kunjung berhenti.