5 Tips Mengendalikan Emosi Berlebih

Tips Mengontrol Amarah Terbaik untuk Mengendalikan Emosi | Kesehatan

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang marah. Namun, belajarlah untuk mengontrolnya karena emosi dan kemarahan berdampak negatif pada kesehatan anda. Swmua orang pasti pernah merasa emosi atau marah terhadap seseorang. Hal ini normal, terlebih dihadapkan oleh masalah kehidupan. Akan tetapi bagaimana sikapmu dalam menanggapi kemarahan itulah yang berbeda. Jika kamu tetap memilih untuk marah, kamu akan sulit mengontrol emosi. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengendalikan emosi atau kemarahan.

Berikut beberapa tips Mengendalikan emosi berlebih

  1. Tarik napas yang dalam dan lambat

Ketika kamu sedang marah atau emosi, napasmu akan lebih pendek dan cepat-cepat. Tarik napaslah yang lambat dan dari hidung dan keluarkan dari mulut untuk beberapa saat. Teknik pernapasan ini dapat menjadi salah satu cara mengelola emosi. Dengan menarik napas dalam dan lambat, diharapkan kemarahan kamu dapat mereda.

  1. Lakukan relaksasi otot

Selain berolahraga, cara mengendalikan emosi lainnya adalah dengan cara melakukan relaksasi otot. Lakukan berbagai peregangan pada berbagai kelompok otot pada tubuh dan kendurkan perlahan-lahan dengan menahan napas. Ada beberapa contoh yang bisa kamu lakukan. Menggerakkan leher dan menggoyangkan bahu adalah beberapa contoh gerakan yang dapat dilakukan untuk membantu mengendalikan emosi. Tidak diperlukan peralatan, hanya cukup melakukan beberapa gerakan saja.

  1. Mendengarkan music

Mendengarkan music menjadi salah satu cara untuk mengendalikan emosi. Kamu bisa mendengarkan music yang bisa membuat kamu tenang. Kamu juga bisa mendengarkan music dengan menggunkana earphone atau pergi ke suatu tempat yang tenang, putarkan lagu kesukaanmu, lalu dengarkan. Biarkan music membawa emosimu dan membuatmu menjadi lebih tenang.

  1. Coba sesuatu yang berbeda

Alihkan emosi kamu ke hal-hal yang lebih positif. Jika kamu belum pernah kemah, misalnya, mungkin inilah saat yang tepat untuk kamu tidur dibawah Bintang dan berkomunikasi dengan alam. Segera putuskan petualangan yang ingin kamu ambil.

  1. Jangan bicara

Kadang, tidak bicara dapat menjadi cara untuk mengontrol emosi yang efektif. Bila kamu ingin marah, tahanlah dan berhenti berbicara. Tutup mulut kamu dan jangan biarkan satu buah kata keluar dari mulutmu. Waktu kamu diam ini akan membuatmu berpikir kembali untuk marah dan membantu meredakan amarah.

Itulah 5 cara yang bisa kamu gunakan untuk mengendalikan emosi kamu. Kamu harus bisa mengendalikan emosi, karena emosi memiliki dampak negatif yang bisa berdampak pada kesehatan.