5 Penyebab Sering Mengantuk di Jam Kerja

Playxfit – Apakah Anda sering mengantuk di jam kerja? Padahal pada jam kerja, seharusnya kita dapat melakukan banyak hal yang produktif, tapi kita justru terganggu karena rasa kantuk yang hadir. Kira-kira apa saja ya penyebabnya?

1. Konsumsi Minuman Alkohol

Pertama, terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol dapat membuat Anda menjadi sesorang yang mudah mengantuk. Jika dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka panjang, efeknya dapat mengacaukan pola tidur dan membuat seseorang sering mengantuk karena kualitas dan jam tidurnya terganggu. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sering mengonsumsi alkohol dalam jangka panjang memiliki waktu tidur yang lebih singkat, kualitas tidur yang buruk, serta lebih cenderung terbangun di malam hari.

 

2. Stres dan Gangguan Kecemasan

Kedua, saat Anda stress dan sedang mengalami gangguan kecemasan, Anda juga dapat lebih mudah mengantuk. Padahal Anda merasa sudah tidur cukup. Hal ini dikarenakan pengaruh kesehatan mental yang sedang terusik. Stres berlebihan dan gangguan kecemasan bisa membuat kamu jadi kurang bertenaga dan lemas padahal sudah istirahat sepanjang hari. Masalah kesehatan mental bisa menurunkan kualitas tidur, sehingga tidur jadi tidak nyenyak dan lebih sering terbangun di malam hari.

 

3. Bermain Smartphone Sebelum Tidur

Hal ketiga adalah seringnya frekuensi bermain smartphone sebelum tidur. Kebiasaan ini dapat menurunkan kualitas tidur dan membuat Anda menjadi lebih sering mengantuk padahal sudah cukup tidur. Kondisi ini dipengaruhi paparan cahaya biru dari layar gawai yang tanpa disadari dapat merangsang hormon untuk tetap terjaga, sehingga tidur jadi kurang lelap di malam hari.

 

 4. Parasomnia 

Penyebab mudah mengantuk yang selanjutnya adalah parasomnia. Apa itu? Parasomnia merupakan perilaku yang tidak normal yang dialami saat seseorang sedang tidur seperti tidur sambil berjalan, tidur sambil berbicara, membenturkan kepala saat tidur, dan merasakan ketakutan di malam hari. Perilaku tersebut dapat membuat seseorang yang tidur untuk terbangun dan duduk dalam kondisi panik, melayangkan pukulan ke udara secara membabi-buta, atau berteriak-teriak. Gangguan ini juga dikaitkan dengan adanya peningkatan risiko terkena penyakit Parkinson.

5.  Sindrom Kaki Gelisah atau Restless Leg Syndrome (RLS)

Terakhir, penyebab Anda sering mengantuk bisa disebabkan oleh sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome (RLS). Sindrom ini merupakan sebuah gangguan yang menyebabkan seseorang mendapatkan dorongan tidak tertahankan untuk menggerak-gerakkan kaki saat berbaring.

Saat sindrom ini muncul, seseorang cenderung merasakan ada sesuatu yang merayapi disertai rasa nyeri atau bahkan rasa sakit pada area kaki.

Akibat dari bergeraknya kaki secara terus-menerus, tidur pun jadi tidak nyenyak. Saat terbangun di pagi hari, tubuh terasa lemah dan kurang semangat.