5 Manfaat Selada yang Jarang Kamu Ketahui

Playxfit – Suka makan selada? Ya, sayur yang biasanya diselipkan di burger atau sandwich itu ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, lho!

1. Merawat Kecantikan Kulit

Pertama, selada dapat merawat kesehatan kulit Anda. Kandungan vitamin A dan C dalam selada dapat membantu merawat kesehatan kulit. Saat Anda kekurangan asupan vitamin A dapat menyebabkan warna kulit jadi tidak rata atau belang. Sementara itu, jika kekurangan vitamin C dapat membuat kulit cepat keriput, kendur, dan kusam. Rutin mengonsumsi daun selada yang kaya kandungan vitamin A dan vitamin C berkhasiat membantu merawat kulit Anda agar tampak lebih sehat, kencang, dan lembut.

 

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kedua, kandungan vitamin A dalam selada dapat menjaga kesehatan mata. Selada mampu meningkatkan ketajaman penglihatan, mencegah kerusakan retina, dan menjaga kesehatan mata secara menyeluruh. Hal ini berkat kandungan beta karoten dan vitamin A di dalamnya.

 

3. Melawan Infeksi Mikroba

Ketiga, mengonsumsi selada dapat melawan infeksi mikroba. Selada memiliki komponen antimikroba yang berperan dalam melawan berbagai kuman penyebab penyakit di dalam tubuh. Menurut penelitian, selada memiliki komponen antimikroba seperti terpenes, cardenolides, dan enzim glukanase. Semua komponen tersebut memiliki potensi untuk menghalau infeksi dari bakteri Escheria coli, penyebab gangguan pencernaan, dan jamur Candida albicans yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan kelamin.

 

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kemudian, selada juga dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan kaliumnya. Selada ternyata tidak hanya mampu menurunkan tekanan darah, tetapi juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Hal ini penting karena tekanan darah yang tinggi dan tidak stabil dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Kandungan magnesium, kalium, folat, dan vitamin C, juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dalam jangka panjang dan mengurangi berbagai risiko terjadinya penyakit jantung.

 

5. Mencegah Kanker

Manfaat terakhir adalah mencegah kanker. Ternyata selada merupakan sayuran hijau yang kaya kandungan antioksidan sehingga berperan penting dalam memperkuat fungsi sel tubuh. Kandungan antioksidan dalam daun selada di antaranya adalah antosianin, betakaroten, dan vitamin C. Ketiganya dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Kandungan folat diketahui memiliki potensi mencegah kanker payudara.