5 Manfaat Pilates Untuk Ibu Hamil

Playxfit – Saat sedang hamil biasanya banyak hal yang dikeluhkan oleh ibu hamil. Mulai dari badan yang sakit, malas bergerak, hingga nafsu makan yang meningkat. Sebenarnya saat sedang hamil, kita dianjurkan untuk tetap aktif beraktivitas dan melakukan olahraga. Bagi Anda yang bingung berolahraga apa, mungkin Anda bisa mencoba melakukan pilates, karena pilates memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil.

1. Mempermudah Proses Persalinan

Berolahraga pilates ternyata dapat mempermudah proses persalinan Anda. Teknik pernapasan yang dilatih saat pilates akan sangat bermanfaat bagi Anda yang akan menjalani persalinan karena akan membuat otot lebih rileks, mengurangi rasa nyeri, melancarkan proses persalinan, dan pasti membuat pikiran Anda lebih tenang. Anda dapat melakukan olahraga ini dengan aman setiap 2-4 minggu sekali saja. Nikmati prosesnya selama Anda hamil.

 

2. Mengurangi Stress Setelah Melahirkan

Selain memperlancar proses melahirkan, pilates juga dapat mengurangi stress setelah melahirkan, karena setelah melahirkan juga butuh tenaga ekstra untuk merawat anak. Dengan melakukan pilates sejak dini, tubuh akan lebih cepat fit dan mengurangi stress yang ada. Jadi ibu tidak hanya sehat sebelum melahirkan, tetapi setelah melahirkan juga sehat.

 

3. Memperkuat otot perut dan panggul

Manfaat selanjutnya adalah pilates dapat memperkuat otot perut dan panggul. Jika memiliki otot perut yang kuat, ibu hamil dapat tidak lebih mudah sakit, dan jika otot panggul kuat akan menyokong rahim, kandung kemih, dan usus ketika janin sudah berada di rahim bagian bawah dan siap menuju jalan lahir.

 

4. Mengimbangi Postur Tubuh

Melakukan pilates juga dapat mengimbagi postur tubuh saat badan membesar karena hamil. Perut yang menjadi pusat gravitasi tubuh pastinya akan semakin membesar dan menggeser titik beban tubuh. Perubahan bentuk fisik tersebut juga berpengaruh pada kekuatan sendi dan otot, sehingga untuk mengimbangi perut dan badan yang berubah lebih besar Anda disarankan untuk melakukan senam pilates.

 

5. Memperbaiki mood

Pilates juga dapat memperbaiki mood Anda saat sedang hamil. Pasti saat masa kehamilan, yang berubah tidak hanya fisik, melainkan emosional juga turut berubah. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengikuti senam pilates agar pikiran dan hati menjadi tenang.