5 Manfaat Mengonsumsi Selada untuk Tubuh yang Sehat

Playxfit –  Selada merupakan salah satu sayur pelengkap di salad, lalapan atau diselipkan dalam makanan seperti burger dan sandwich. Ada berbagai jenis selada yang bisa dikonsumsi, mulai dari selada daun, selada lettuce, selada romaine, selada butterhead, hingga selada merah. Sayuran ini mudah untuk ditemui dan dikonsumsi. Cara penyajiannya pun sangat mudah, cukup dicuci bersih dengan air mengalir saja. Lantas apa saja manfaat dari mengonsumsi selada?

1.  Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Pertama, makan selada dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium di dalam selada ternyata mampu menurunkan tekanan darah, dan juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Hal ini penting karena tekanan darah yang tinggi dan tidak stabil dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Selain itu, selada juga mengandung magnesium, kalium, folat, dan vitamin C, yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dalam jangka panjang dan mengurangi berbagai risiko terjadinya penyakit jantung.

 

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kemudian, selada juga dapat meningkatkan ketajaman penglihatan, mencegah kerusakan retina, dan menjaga kesehatan mata secara menyeluruh karena kandungan beta karoten dan vitamin A di dalamnya. Maka dari itu, Anda disarankan menambahkan 1–2 porsi selada ke dalam menu makan guna memenuhi kebutuhan vitamin ini.

 

3. Merawat Kecantikan Kulit

Ketiga, mengonsumsi selada dapat merawat kesehatan kulit. Kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam selada berkhasiat membantu merawat kulit Anda agar tampak lebih sehat, kencang, dan lembut. Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam daun selada juga dapat menjaga kelembapan kulit Anda secara alami sehingga tidak kering atau bersisik.

 

4. Melawan Infeksi Mikroba

Manfaat yang selanjutnya adalah melawan infeksi mikroba. Selada memiliki komponen antimikroba yang berperan dalam melawan berbagai kuman penyebab penyakit di dalam tubuh. Menurut sebuah artikel jurnal menjelaskan bahwa selada memiliki komponen antimikroba seperti terpenes, cardenolides, dan enzim glukanase. Ketiga komponen tersebut memiliki potensi untuk menghalau infeksi dari bakteri Escheria coli, penyebab gangguan pencernaan, dan jamur Candida albicans yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan kelamin.

 

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi selada juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sama seperti kita mengonsumsi sayur dan buah yang lainnya. Kandungan banyak vitamin dan air di dalam selada dapat menjaga sel-sel imun dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Kandungan vitamin A juga mampu meredakan infeksi, peradangan, serta kerusakan sel.