5 Manfaat Makan Petai Jaga Kesehatan

Playxfit – Petai, salah satu jenis lalapan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, petai juga umum ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina. Sayuran dengan nama latin Parkia speciosa ini bahkan sering digunakan sebagai obat herbal karena diyakini dapat mengatasi berbagai penyakit. Lantas apa saja ya manfaat makan petai?

1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Pertama, petai dapat menyehatkan saluran pencernaan karena merupakan sumber serat yang baik. Dengan mencukupi asupan serat yang cukup, Anda akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit. Tak hanya itu, tingginya serat dalam petai juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk makan berlebihan bisa berkurang. Hal ini tentunya bisa membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal.

 

2. Melawan Radikal Bebas

Mengonsumsi petai juga dapat melwan radikal bebas karena kandungan antioksidan yang tinggi, dipercaya dapat menangkal efek radikal bebas pada sel tubuh manusia. Radikal bebas dalam tubuh dapat berdampak pada kerusakan sel dan menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, katarak, penuaan dini, diabetes, dan lainnya.

 

3. Mengatasi Anemia

Ketiga, petai juga dapat mengatasi anemia. Jadi bagi Anda yang biasanya sering mengalami anemia, Anda dapat mengonsumsi petai, karena kandungan zat besi pada petai secara teori mempunyai manfaat mengatasi anemia pada penderitanya, karena dapat merangsang produksi sel darah merah.

 

4. Mengatasi Infeksi

Selanjutnya, jika Anda memiliki infeksi, petai juga dapat mengatasinya. Beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak petai terlihat dapat membasmi kuman dan jamur penyebab infeksi. Temuan ini memberi petunjuk bahwa petai berpotensi sebagai antibakteri dan antijamur.

 

5. Mencegah Hipertensi

Petai juga bermanfaat untuk mencegah hipertensi. Kandungan garam yang relatif rendah dalam petai sangat aman bagi penderita hipertensi maupun orang yang masih sehat. Sifat antihipertensi ini juga didukung oleh banyaknya kandungan kalium di dalam biji petai. Kandungan kalium dalam petai juga bermanfaat untuk membantu menstabilkan detak jantung, melancarkan pengiriman oksigen ke jantung, dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Dengan demikian, Anda terhindar dari risiko terkena stroke.