5 Manfaat Makan Pepaya

Playxfit – Pepaya merupakan buah yang umum kita temukan dan konsumsi. Buah ini berasal dari tanaman Carica papaya dan memiliki tinggi 5 hingga 10 meter serta. Buah yang berbentuk lonjong dan buahnya berwarna oranye ini ternyata memiliki berbagai manfaat jika dikonsumsi.

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat pepaya yang pertama dan sudah banyak diketahui adalah melancarkan pencernaan. Pepaya memiliki enzim pencernaan yaitu papain, yang berguna dalam membantu pencernaan. Pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi yang dapat mencegah sembelit.

 

2. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Manfaat yang kedua adalah pepaya dapat menyehatkan kulit dan rambut. Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya bisa melembutkan dan merevitalisasi kulit. Kandungan vitamin A dan C dalam pepaya dapat mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam. Selain itu, kandungan vitamin A dapat memproduksi sebum yang dapat menjaga kelembapan rambut.

 

3. Antikanker

Mengonsumsi pepaya juga bisa bermanfaat sebagai antikanker. Menurut penelitian, kandungan likopen dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker, sekaligus baik bagi penderita kanker. Cara kerjanya yaitu dengan mengurangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap kanker.

 

4. Mengurangi Berat Badan

Jika Anda sedang menurunkan berat badan, pepaya juga bisa membantu program penurunan berat badan Anda, lho. Pepaya muda memiliki lebih banyak enzim dibandingkan dengan pepaya matang. Enzim pada pepaya memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan juga menjadikan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik.

 

5. Menguatkan Sistem Imun

Kemudian pepaya juga dapat memperkuat sistem imun tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

 

Kelima manfaat di atas hanya sebagian dari banyaknya manfaat mengonsumsi pepaya. Konsumsilah pepaya setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.