5 Manfaat Konsumsi Bunga Telang

Playxfit – Clitoria Ternatea atau yang biasa disebut sebagai bunga telang memiliki warna biru cerah yang khas. Uniknya tanaman ini mempunyai nama yang berbeda-beda di setiap wilayah di Indonesia, di Jawa namanya disebut kembang teleng atau menteleng. Biasanya kita sering melihat bunga telang dijadikan sebagai tanaman hias, namun tahukah Anda bahwa bunga telang dapat dijadikan bahan makanan atau minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Bunga telang mengandung berbagai kandungan yang sehat bagi tubuh seperti antioksidan, antibakteri, anti inflamasi dan analgesik, antiparasit dan antasida, antidiabetes, anti-kanker, antihistamin, immunomodulator, dan lain-lain. Anda dapat membuat teh dari bunga telang dan menikmati berbagai manfaat di bawah ini.

 

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat yang pertama adalah bunga telang dapat menjaga kesehatan mata. Seduh bunga telang dengan air hangat. Antioksidan di dalam bunga telang dapat memaksimalkan kesehatan mata dna menjauhkan kita dari penyakit mata. Salah satu jenis antioksidan tersebut adalah proanthocyanidin, yang dapat meningkatkan aliran darah ke kapiler mata, sehingga bunga telang dapat membantu mengobati kerusakan retinal, glaukoma, atau penglihatan yang kabur.

 

2. Memiliki Potensi Antikanker

Selanjutnya, bunga telang juga bisa disebut sebagai antikanker, karena kandungan flavonoid dan kaempferol. Menurut penelitian, bunga telang dapat mematikan sel kanker hingga 63,8 persen karena ada kandungan flavonoid dalam bunga telang, seperti kaempferol, delphinin dan quercetin.

 

3. Memiliki Sifat Anti Penuaan

Dengan mengonsumsi bunga telang juga bisa membuat kulit Anda awet muda.Antioksidan dalam bunga telang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut serta mencegah penuaan dini dengan cara melawan radikal bebas. Ekstrak bunga telang mengandung senyawa Antosianin yang dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan memperkuat folikel rambut.

 

4. Mengatasi Diabetes

Manfaat selanjutnya adalah mengatasi diabetes. Setelah diteliti, ternyata bunga telang dapat menurunkan kadar glukosa serum serta menghasilkan sel-sel insulin sehingga terjadi stimulasi pelepasan insulin yang dapat mengatasi diabetes.

 

5. Baik untuk Kesehatan Otak

Bunga telang juga ternyata baik untuk kesehatan otak kita. Antioksidan dalam bunga telang dapat meningkatkan kekuatan otak, keterampilan kognitif dan memori, serta baik untuk sistem saraf pusat (SSP). Ekstrak bunga telang juga mengandung asetilkolin yang dapat mencegah kehilangan memori, meningkatkan daya ingat dan keterampilan kognitif. Namun, pastikan Anda harus mengonsumsi ekstrak bunga telang secara rutin.