5 Manfaat Konsumsi Buah Persik

Playxfit – Buah persik memiliki bahasa latin Prunus persica. Buah ini berwarna merah oranye kekuningan serta memiliki bulu halus di bagian kulit. Dagingnya manis dan mengandung banyak sekali nutrisi, vitamin, mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Apa saja manfaat mengonsumsi buah persik?

 

1. Melembapkan Kulit dan Menghambat Penuaan Dini

Pertama, buah persik dapat melembabkan kulit dan menghambat penuaan dini. Buah persik memiliki kandungan seramid tinggi, sehingga dapat menjaga kelembapan kulit Anda. Seramid merupakan komponen utama pada kulit yang berperan dalam menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari iritasi maupun polusi. Selain itu, vitamin C dalam buah persik juga berperan dalam menghambat penuaan dini.

 

2. Melancarkan Pencernaan

Serat dan mineral dalam buah persik ternyata dapat melancarkan pencernaan Anda.  Cara kerjanya adalah dengan melancarkan pergerakan usus serta mengurangi gangguan pencernaan.

 

3. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Selanjutnya, mengonsumsi buah persik juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Menurut penelitian, buah persik yang berukuran sedang memiliki 13,2% vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi ini berfungsi untuk menyembuhkan luka, menjaga kesehatan tubuh, dan mengurangi radikal bebas. Radikal bebas ini berhubungan dengan bahan kimia yang berdampak pada pertumbuhan sel kanker. Selain itu, buah persik juga mengandung karotenoid dan asam caffeic yang memiliki sifat antikanker. Kandungan polifenol di dalamnya dapat mengurangi pertumbuhan dan membatasi pertumbuhan sel kanker.

 

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat yang keempat adalah dapat mempercepat penyembuhan luka. Kandungan vitamin K serta antioksidan di dalam buah persik mempunyai peranan penting dalam pembentukan kolagen. Keduanya berkhasiat sebagai sistem pelindung serta membantu meningkatkan kekuatan kulit.

 

5. Menjaga Kesehatan Mata

Terakhir, buah persik dapat menjaga kesehatan mata Anda. Kandungan beta karoten, alfa karoten, dan beta crytoxanthin di dalamnya berperan dalam pembentukan vitamin A. Maka dari itu, buah persik baik untuk menjaga kesehatan mata.