4 Manfaat Konsumsi Buah Markisa

Playxfit – Pernah makan buah markisa? Buah markisa memiliki rasa yang manis, asam, dan menyegarkan. Ada dua jenis buah markisa yang umum ditemukan di Indonesia, yaitu markisa ungu (Passiflora edulis) dan markisa kuning (Passiflora flavicarpa). Markisa ungu memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasa yang lebih manis daripada markisa kuning. Nah, apa ya manfaat dari mengonsumsi buah markisa?

1. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Pertama, buah markisa dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil. Mengapa? Hal ini karena buah markisa memiliki indeks glikemik rendah. Selain itu, kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi pada buah markisa juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Manfaat buah markisa ini didukung oleh beberapa studi yang menyatakan bahwa ekstrak buah markisa dapat meningkatkan kinerja hormon insulin untuk mengendalikan gula darah dan mencegah diabetes.

 

2. Baik untuk Pencernaan

Kedua, buah markisa ternyata baik untuk pencernaan. Daging buah markisa mengandung banyak serat makanan. Serat adalah komponen penting dari setiap diet. Hal ini dapat membantu mengatur sistem pencernaan dan menjaga usus tetap sehat, mencegah sembelit dan gangguan usus. Menurut American Heart Association, serat juga memiliki manfaat dalam mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Makan buah markisa secara teratur dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

 

3. Meredakan Nyeri Sendi

Ketiga, buah markisa dapat meredakan nyeri sendi atau penderita osteoarthritis. Manfaat ini diduga berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi dan senyawa antiradang di dalamnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat tersebut diperoleh dari ekstrak kulit buah markisa yang biasanya diolah dalam bentuk suplemen.

 

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selanjutnya, buah markisa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah markisa kaya akan vitamin C yang mempunyai manfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, markisa juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan dengan membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati, dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh.