5 Manfaat Konsumsi Buah Manggis

Playxfit – Manggis merupakan buah dari anggota famili Clusiaceae dan genus Garcinia. Biasanya kelompok buah ini berasal dari India Timur, Semenanjung Melayu, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Kulit buah ini berwarna merah gelap, buahnya segar berwarna putih dengan biji di tengah-tengahnya. Mengonsumsi buah manggis memiliki banyak sekali manfaat baik dalam tubuh kita.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat yang pertama, buah manggis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan serat dalam buah manggis sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Vitamin C memiliki sifat antioksidan serta berperan untuk meningkatkan fungsi sel kekebalan, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit. Untuk seratnya sangat dibutuhkan dalam sistem pencernaan. Selain itu, sifat antibakteri pada senyawa bioaktif di buah manggis dapat membantu melawan bakteri yang berbahaya.

 

2. Menurunkan Berat Badan

Kedua, makan buah manggis dapat menurunkan berat badan. Menurut penelitian, ada zat antiradang yang berpengaruh terhadap peningkatan metabolisme lemak, sehingga dapat mengatasi berat badan yang berlebih.

 

3. Meredakan Radang Sendi

Ketiga, buah manggis dapat meredakan radang sendi. Kandungan xanthones dalam buah manggis yang berfungsi sebagai antiradang, sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan dalam tubuh, misalnya nyeri akibat radang sendi. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah manggis juga dapat mendukung penyembuhan radang sendi.

 

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit Anda juga bisa dijaga dengan mengonsumsi buah manggis. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak manggis 100 mg setiap hari memiliki elastisitas kulit yang lebih baik. Buah manggis juga dapat mengurangi senyawa yang menyebabkan penuaan kulit setelah mengonsumsi ekstrak buah tersebut.

 

5. Mencegah Kanker

Manfaat ynag terakhir, buah manggis dapat mencegah perkembangan dan penyebaran sel kanker. Mengapa ? Karena kandungan seperti xanthone yang bertindak sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Senyawa xanthone dipercaya mampu melawan pertumbuhan sel kanker usus besar, payudara, perut, dan paru-paru.