5 Kebaikan Air Putih yang Wajib Kamu Tahu

Playxfit

1. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi air putih diketahui dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Hal ini tentunya berdampak pada menurunnya berat badan.

Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.

 

2. Menjaga Tulang agar Tetap Sehat

Selain susu, air putih ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang loh! Air putih juga mengandung kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat air putih Sobat SMP juga harus mengetahui berapa banyak konsumsi air putih yang dianjurkan setiap hari. Konsumsi air putih yang dianjurkan setiap hari yaitu sebanyak 8 gelas atau 2 liter. Namun selain mendapatkan asupan cairan dari air putih, Sobat SMP juga bisa mendapatkan asupan cairan dari makanan sebanyak 20%. Jadi, jangan lupa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan air seperti buah dan sayur.

 

3. Mencegah Batu Ginjal

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum air putih yang cukup mencegah terbentuknya batu ginjal atau kambuhnya penyakit batu ginjal pada orang yang sebelumnya pernah menderita penyakit tersebut.

Hal ini karena asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal, misalnya asam urat.

 

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Selain itu, tercukupinya cairan tubuh juga dapat mencegah Anda dari penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Hal ini karena konsumsi air putih secara rutin dapat mencegah dehidrasi yang bisa berdampak pada terganggunya fungsi organ tubuh, termasuk jantung, dan memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun akan terjaga.

 

5. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Air terutama yang memiliki kandungan mineral yang tinggi memiliki kandungan kalium. Kandungan ini dapat membantu mengaktifkan elektrolit pada otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi. Hal ini membuat Sobat SMP bisa lebih fokus saat belajar dan beraktivitas.