5 Cara Menjadi Orang Yang Sabar dan Ikhlas

5 Cara Menjadi Orang Sabar dan Manfaatnya bagi Diri Sendiri

Saat rintangan yang datang di hidup seolah tak kunjung berkurang, hal ini membuat stok kesabaran pada diri pun kian lama kian menipis. Untuk kembali memenuhi kesabaran, kamu bisa menerapkan cara menjadi orang sabar, seperti mulai mengubah cara pandang, hingga mempraktikkan Teknik relaksasi pikiran dengan meditasi. Kesabaran bukanlah hal yang tak bisa dicapai. Jadi, melatih diri dengan cara-cara tertentu dianggap efektif untuk kembali memupuk kembali sifat baik ini.

Berikut cara melatih kesabaran diri

  1. Melakukan relaksasi

Tidak mudah memang untuk bisa bersabar menghadapi orang dengan berbagai karakter yang berbeda. Tidak jarang, ekspektasi kita tidak bisa terpenuhi, bahkan dalam hal-hal sederhana sekalipun. Hal ini kadang membuat kita tidak sabar dan cara paling sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Ini adalah salah satu cara relaksasi paling sederhana. Cukup Tarik nafas dan buang secara perlahan.

  1. Menerima ketidak nyamanan dengan terbuka

Dalam situasi yang menguji kesabaran, seperti macet contohnya, tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk mengubahnya. Jadi, dapi pada menekan klakson berkali-kali berharap kendaraan didepan bisa maju, lebih baik menerima keadaan dengan cara menunggu dengan tenang dan sabar.

  1. Mengalihkan perasaan frustasi

Ketika terpaksa menghadiri rapat dan harus menunggu si pengundang tiba, kamu pasti merasa jengkel. Mengelus dan marah akan situasi ini adalah hal yang manusiawi, tapi tidak akan bisa memperbaiki situasi. Sehingga, sembari menunggu, lebih baik alihkan perhatian dan waktu untuk mengerjakan hal lain yang lebih berguna. Balaslah email pekerjaan lain yang belum sempat dibalas atau lanjutkan mengetik pekerjaan sambil menunggu.

  1. jangan hanya diam

Menunggu dalam diam hanya bisa membuat waktu berjalan semakin lambat. Jadi, saat menunggu teman saat janjian, kamu bisa melakukan stretching ringan atau sambil berjalan-jalan sebentar.

  1. Lebih banyak bersyukur

Bersyukur adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan dalam hidup. Namun, saat kita sudah mulai bersyukur, percayalah hidup akan terasa lebih ringan, termasuk dalam hal kesabaran. Saat sedang berada di satu kesulitan, cobalah untuk tetap sabar dan bersyukur. Memang, hal itu tidak bisa membantu menyelesaikan masalah, tapi akan membantu untuk tetap tenang dalam menghadapinya dan bisa melihat tujuan akhir yang lebih besar.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk menjadi orang yang sabar dan Ikhlas.