5 Cara Mengatasi Kulit Belang

Penyebab Kulit Belang dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Cara mengatasi kulit belang harus disesuaikan dengan penyebabnya. Salah satu penyebab terjadinya kulit belang adalah paparan sinar matahari secara langsung. Untuk mengatasinya, diperlukan dokter untuk memeriksa dan diberi penanganan yang tepat. Kulit belang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti paparan sinar matahari berlebih,  hiperpigmentasi, hipopigmentasi, bekas jerawat, usia, bekas luka, pengaruh hormon, dan juga pengobatan. Beberapa kasus kulit belang mungkin memerlukan pemeriksaan dan penanganan dokter.

Berikut Tips Agar Kulit Tidak Belang :

  1. Gunakan pakaian yang Panjang

Pakaian bisa menjadi penangkal sinar matahari yang paling efektif. Tidak hanya itu, pakaian yang tepat dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Jika kulit belang disebabkan oleh matahari, anda dapat menutupi kulit anda dengan menggunakan celana Panjang dan baju berlengan Panjang hingga kulit belang benar-benar hilang. Pilihlah pakaian Panjang yang longgar dan terbuat dari bahan yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

  1. Jalani terapi laser

Terapi laser juga dapat digunakan untuk menyamarkan kulit belang akibat hiperpigmentasi. Prosedur ini bekerja dengan mengangkat lapisan kulit paling atas, sehingga merangsang tubuh kolagen pada kulit lapisan bawah. Namun, penggunaan terapi laser sebagai menyamarkan kulit belang juga dapat menyebabkan kulit luka. Oleh karena itu, prosedur ini harus dilakukan dengan mengikuti anjuran dokter.

  1. Jalani Dermabrasi

Cara mengatasi kulit berikutnya adalah dengan menjalani Dermabrasi. Prosedur ini mampu mengangkat sel kulit mati untuk memicu sel lapisan baru agar lebih terang. Dermabrasi dapat dilakukan untuk menangani kulit belang yang disebabkan oleh terkstur atau warna kulit yang tidak rata dan luka jerawat.

  1. Gunakan krim pemutih

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan retinol. Menggunakan retinol dapat meredakan kulit belang pada wajah yang diakibatkan oleh hiperpigmentasi. Retinol bekerja dengan cara masuk ke dalam lapisan kulit untuk menangkal radikal bebas. Dengan demikian, produksi kolagen akan meningkat dan kulit belang tersamarkan.

  1. Gunakan masker berbahan alami

Kulit yang terkena hiperpigmentasi dapat diatasi dengan menggunakan masker berbahan alami. Anda juga dapat membuat masker sendiri dirumah dengan mencampurkan bubuk kunyit dan madu alami. Cara membuat masker ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan tersebut hingga seperti pasta kemudian oleskan pada kulit belang secara merata dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas kulit dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Beberapa cara berikut dapat dilakukan untuk mengatasi kulit belang. Jika kulit belang sudah tidak dapat diatasi, sebaiknya anda segera periksa kedokter agar diberi penanganan.