5 Cara Mencegah Pencurian Paling Ampuh

Tips Menghindari Pencurian Motor yang benar dan aman.

Kasus pencurian belakangan ini semakin marak dan pelaku pencurian semakin nekat. Sekelompok pencuri atau maling biasanya mencuri atau mengincar barang berharga yang berada di luar rumah seperti motor, sepeda, mobil bahkan burung dan tanaman. Tetapi tak sedikit pelaku pencurian masuk ke dalam rumah sasarannya. Kediaman yang dituju biasanya sedang ditinggal oleh pemiliknya atau rumah kosong. Walau begitu kasus pencurian dengan rumah tak berpenghuni atau perampokan juga harus diwaspadai.

Berikut cara mencegah pencurian paling ampuh

  1. Pagar rumah yang kokoh

Pagar rumah yang kokoh dan sulit dipanjat merupakan salah satu cara untuk mencegah pencuri masuk ke dalam rumah. Gunakan engsel kuat agr rumah tidak mudah dibobol pencuri. Lebih baik lagi jika pagar rumah dilengkapi dengan lembaran fiber agar interior rumah tidak terlihat langsung dari luar rumah.

  1. Kunci pintu dan jendela setiap hari

Keamanan tumah juga berkaitan dengan kebiasaan kita mengunci pintu dan jendela. Selalu pastikan kunci jendela dan pintu baik siang maupun malam hari. Sebab pencuri tidak rentan di malam hari saja, tetapi juga banyak pencuri yang beraksi pada siang hari.

  1. Pasang CCTV dan Alarm

Pencurian dirumah juga dapat diminimalisir jika ada fasilitas CCTV dan juga alarm. Rumah yan biasanya memiliki CCTV dan alarm lebih tidak rentan mengalami pencurian, karena pencuri pasti akan merasa khawatir jika tertangkap saat beraksi. Sekarang, banyak CCTV yang canggih juga bisa disambungkan dengan smartphone, sehingga dapat dipantau dari jarak jauh.

  1. Jangan berikan tempat untuk bersembunyi

Jangan membuat rumah kamu menjadi target dengan menyediakan tempat sembunyi yang aman untuk pencuri. Jauhkan pohon dan Semak-semak dari pintu, jendela, dan titik masuk lainnya. Jika menyukai tanaman untuk di sekitar rumah, sebaiknya pilihlah tanaman yang berduri yang tidak ramah bagi pencuri.

  1. Ajarkan kepada anak tentang bahaya orang tak dikenal

Ajarkan kepada anak untuk tidak berbicara atau membukakan pintu untuk orang asing ketika mereka sendirian dirumah. Konfirmasi kepada orangtua apabila tamu asing mengakui sebagai kerabat atau seseorang yang diminta datang orang tua.

Itulah 5 cara ampuh mencegah pencurian. Jangan biarkan pencuri masuk atau mencuri barang-barang berharga kamu.