5 Alasan Untuk Berhenti Bermain Hp Sebelum Tidur

5 Alasan Untuk Berhenti Bermain Hp Sebelum Tidur – Anda mungkin sering bermain handphone sebelum anda tertidur bukan? Perlu anda ketahui bahwa dengan bermain Hp sebelum anda tidur bisa merusak pola tidur anda. Silakan anda baca tentangĀ 5 Alasan Untuk Berhenti Bermain Hp Sebelum Tidur yang disediakan di Playxfit.

5 Alasan Untuk Berhenti Bermain Hp Sebelum Tidur

1. Lebih Lama Tertidur

Peserta studi yang menggunakan E-reader sebelum tidur (layar pemancar cahaya biru mirip dengan tablet atau smartphone) rata-rata membutuhkan waktu 10 menit lebih lama untuk tertidur dibandingkan dengan mereka yang membaca buku cetak biasa. Cobalah membaca buku sungguhan di malam hari alih-alih melakukan apa pun di ponsel atau menonton TV atau Netflix, dan Anda akan melihat seberapa banyak perasaan tidur Anda dan seberapa cepat Anda tertidur.

2. Mengacau Ritme Sirkadian Anda

Tampaknya hampir setiap minggu kita mendapatkan lebih banyak data yang menggambarkan pentingnya ritme sirkadian yang sehat dan selaras. Begitu banyak (hampir semua?) Fungsi tubuh Anda bergantung pada ini. Metabolisme Anda, suasana hati Anda, nafsu makan untuk makanan manis atau renyah (dan pada gilirannya berat badan Anda), risiko Anda terkena diabetes dan bahkan mungkin kanker, daftarnya terus berlanjut. Cahaya buatan di malam hari, terutama jenis biru dari ponsel dan layar, membingungkan otak Anda dan mengacaukan jam ini.

3. Menekan Sekresi Melatonin Anda

Hormon melatonin berperan penting dalam mempertahankan ritme sirkadian yang tepat dan meningkatkan tidur yang nyenyak dan memulihkan. Ini mungkin juga berperan dalam melindungi kesehatan otak Anda seiring bertambahnya usia. Bahkan tingkat cahaya yang rendah, seperti lampu di samping tempat tidur yang redup, dapat menurunkan produksi melatonin (karena alasan ini, Anda tidak boleh tidur dengan “lampu malam” menyala dan menggunakan tirai gelap yang bagus). Cahaya yang dipancarkan dari layar ponsel, bersinar langsung di mata Anda, menekan produksi hormon penting ini di malam hari. Jika Anda harus melihat layar, turunkan ke bawah dan gunakan program apa pun yang tersedia (seperti “shift malam” pada iPhone) yang akan mengurangi komponen cahaya biru.

4. Membuat Anda Lebih Terjaga

Berbaring di tempat tidur, membaca telepon Anda santai, kan? Sangat salah. Penelitian menunjukkan bahwa itu benar-benar membangunkan Anda, membuat Anda merasa lebih waspada, kurang mengantuk, dan lebih cenderung menunda bahkan mencoba tidur. Anda tahu perasaan nikmat yang Anda dapatkan ketika membaca buku di tempat tidur, dan mata Anda mulai terkulai, lalu Anda meraih dan mematikan lampu untuk tidur? Melihat layar di malam hari akan menyebabkan kebalikannya. Anda akan lebih bangun, begadang nanti, dan menendang diri sendiri karena melakukannya keesokan paginya ketika Anda bangun kelelahan.

5. Lebih Lelah Saat Bangun

Menurut penelitian Harvard, membaca layar sebelum tidur akan membuat Anda merasa lebih mengantuk dan pusing ketika bangun di pagi hari. Mereka yang membaca dari layar sebelum tidur dilaporkan membutuhkan waktu berjam-jam lebih lama untuk sepenuhnya “bangun” pada hari berikutnya, dibandingkan dengan mereka yang membaca buku cetak.

Saya harap ini memukul rumah untuk Anda. Melihat layar di malam hari, terutama sesaat sebelum tidur, akan membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Anda akan cenderung merasa tidak ingin tidur, meskipun tubuh Anda mungkin sangat membutuhkan tidur. Jam sirkadian Anda akan berantakan dan memengaruhi kesehatan Anda dengan banyak cara negatif. Anda akan tidur kurang nyenyak, bangun kurang segar dan mungkin butuh berjam-jam bagi Anda untuk bangun dengan benar pada hari berikutnya.

Baca Juga: 7 Keuntungan Pushup