5 Alasan Olahraga Membantu Lelaki Hidup Lebih Lama

5 Alasan Olahraga Membantu Lelaki Hidup Lebih Lama – Ada kabar baik untuk pria yang ingin hidup lebih lama dan lebih sehat, untuk lebih jelasnya silakan baca 5 Alasan Olahraga Membantu Lelaki Hidup Lebih Lama. Hanya diperlukan beberapa perubahan gaya hidup dasar untuk menurunkan peluang terkena banyak penyakit yang berkaitan dengan usia dan meningkatkan peluang Anda untuk tetap aktif dan mandiri. Salah satu yang paling kuat dari ini adalah mendapatkan, dan tetap aktif secara fisik.

5 Cara Olahraga Membantu Lelaki Hidup Lebih Lama

1. Punya Jantung yang Lebih Sehat

Aktivitas fisik secara teratur meningkatkan kadar kolesterol HDL yang sehat dan mengurangi kolesterol LDL yang tidak sehat dan trigliserida. Ini juga menurunkan tekanan darah, membakar lemak tubuh, dan menurunkan kadar gula darah – yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kekuatan olahraga untuk membantu jantung tidak bisa dikecilkan. Setelah serangan jantung, program rehabilitasi berbasis olahraga dapat mengurangi kemungkinan kematian akibat penyakit jantung hingga sepertiga.

2. Menjaga Ketajaman Otak Anda

Olahraga membantu menjaga pembuluh darah di seluruh tubuh tetap sehat dan membantu mengurangi risiko stroke. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga juga dapat membantu menangkal penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Aktivitas fisik yang teratur tidak hanya membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, tetapi juga meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan dengan demikian secara sederhana mengurangi kadar gula darah. Ini dapat membantu orang dengan diabetes mengendalikan penyakit mereka dengan lebih baik – dan membantu mereka yang berisiko diabetes mengesampingkan kondisi ini. Satu studi menemukan bahwa hanya dua setengah jam jalan cepat setiap minggu mengurangi risiko diabetes sebesar 30%.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa bukti menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi risiko kanker tertentu. Satu ulasan menemukan bukti yang konsisten bahwa aktivitas fisik teratur mengurangi risiko kanker usus sekitar 24% pada pria. Penelitian lain menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi risiko kanker paru-paru sekitar 20%. Tidak ada bukti bahwa olahraga menurunkan risiko kanker prostat – tetapi begitu seorang pria didiagnosis, aktivitas fisik dapat mengurangi kemungkinan penyebarannya.

5. Tetap Kuat dan Lincah

Mungkin mengejutkan Anda mengetahui bahwa pria juga dapat mengalami penipisan tulang seiring bertambahnya usia. Latihan menahan beban secara teratur dapat membantu memperlambat keropos tulang ini. Memberi bobot pada tulang Anda – baik dengan berjalan, bermain sepak bola, atau mengangkat beban – merangsang pertumbuhan tulang baru. Olahraga juga membantu menjaga kesehatan tulang rawan sendi. Otot yang kuat menopang persendian dan meringankan beban pada mereka. Olahraga dapat membatasi dan bahkan membalikkan masalah lutut dengan membantu mengontrol berat badan.

Baca Juga: Duduk Terlalu Lama Berbahaya