4 Tips untuk Fokus pada Saat Kerja

Playxfit – Menjelang akhir tahun, pekerjaan di kantor pasti semakin banyak. Dengan munculnya berbagai tugas dan gadget membuat kita seringkali dikejar deadline. Padahal untuk mengerjakan semua tugas kita butuh untuk fokus. Nah, bagaimana ya caranya untuk fokus pada saat kerjaan sedang banyak?

1. Memberikan Jeda Gadget

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah memberikan jeda untuk bermain gadget. Biasanya gadget dan media sosial yang membuat kita terdistraksi dari pekerjaan kita. Sekali kita sudah membuka media sosial, kita akan keterusan untuk explore konten-konten di dalamnya. Menurut penelitian, solusi untuk mengembalikan fokus kerja yaitu berupa technology break atau jeda teknologi.

Bagaimana caranya di tengah semua pekerjaan ungkin kita lakukan lewat gadget atau berkutat dengan media sosial? Ambil waktu rehat sejenak untuk membuka ponsel setelah 15 menit bekerja tanpa gangguan. Mungkin Anda juga bisa menyalakn mode Do Not Disturb, supaya tidak ada notifikasi masuk yang mengganggu fokus Anda. Anda juga bisa menggunakan metode 30 menit bekerja, 10 menit bermain gadget untuk refreshing, kemudian fokus lanjut bekerja lagi.

 

2. Mulai Dari yang Terpenting

Setelah memahami konsep jeda teknologi, Anda juga harus menyusun skala prioritas pekerjaan Anda. Utamakan pekerjaan yang deadline-nya sudah mepet. Fokus dan konsentrasi menyelesaikan pekerjaan tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, berlanjut ke pekerjaan terpenting berikutnya di urutan kedua. Anda tidak bisa mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu karena hasilnya tidak maksimal. Lebih baik fokus satu persatu dan bisa selesai tepat waktu.

 

3. Melihat Tanaman Hijau

Anda juga bisa merefresh atau memfokuskan pikiran Anda lagi dengan melihat tanaman hijau. Mengisi lingkungan kantor dengan tanaman hijau dapat meningkatkan produktivitasmu. Mengapa? Hal ini terjadi karena keberadaan tanaman hijau meningkatkan kepuasan karyawan terhadap lingkungan kerja, persepsi mengenai kualitas udara, dan kemampuan berkonsentrasi. Selain itu, tanaman hijau dalam lingkungan kantor juga mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan emosional karyawan.

 

4. Istirahat

Jika sudah terlalu banyak pekerjaan, mungkin Anda juga dapat mengambil waktu istirahat sejenak. Tenaga dan pikiran Anda harus di charge supaya dapat fokus dan konsentrasi kembali saat mengerjakan pekerjaan. Jika Anda merasa lelah, segeralah beristirahat. Cukup luangkan waktu 10-15 menit sebelum bekerja kembali. Kamu juga dapat memanfaatkan waktu istirahat dengan mendengarkan musik, ngemil, minum, olahraga ringan, atau melakukan apapun yang membuat pikiran rileks, tidak tegang. Tetapi ingat, jangan mencuri waktu istirahat dengan bermain gadget yang ujung-ujungnya akan lupa waktu.