4 Tips Rawat Kesehatan Kuku

Playxfit – Kuku merupakan salah satu organ tubuh yang kecil dan perlu diperhatikan kebersihan dan kesehatannya. Mengapa? Karena tangan kita sering berinteraksi dengan banyak hal mulai dari yang bersih hingga kotor. Lantas bagaimana cara merawat kesehatan kuku kita?

1. Hindari Menggigit Kuku

Pertama, hindari kebiasaan menggigiti kuku Anda karena pasti akan merusak kuku Anda. Beberapa orang memang memiliki kebiasaan menggigit kuku saat sedang bosan atau khawatir. Kebiasaan buruk ini akan merusak tekstur kuku dan seringkali menyebabkan pendarahan. Menggigit kuku dapat mempermudah masuknya bakteri ke dalam mulut dan bisa menyebabkan penyakit.

 

2. Merendam dengan Air Hangat

Kemudian Anda bisa mencoba merendam jari tangan dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Cara ini merupakan salah satu cara untuk membersihkan kuku secara natural dan juga merilekskan jari-jari Anda. Tambahkan juga irisan lemon, agar kuku dapat lebih bercahaya.

 

3. Tidak Memakai Cat Kuku Terlalu Sering

Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan cat kuku terlalu sering. Bukannya Anda dilarang menggunakan cat kuku, tapi jangan terlalu sering dan lama menggunakan cat kuku karena bahan kimia di dalamnya akan merusak kuku Anda. Selain itu Anda juga harus berhati-hati memilih penghapus cat kuku, usahakan yang bebas dari aseton, karena bahan tersebut dapat merusak warna permukaan kuku.

 

4. Memotong Kuku Rutin Seminggu Sekali

Cara selanjutnya adalah Anda harus memotong kuku rutin setiap seminggu sekali. Kuku yang panjang dapat menyimpan bakteri dan kuman yang pastinya berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Dikhawatirkan kuman yang ada akan menyebarkan penyakit melalui mulut atau mata. Maka dari itu rajinlah memotong kuku, karena memelihara kuku yang panjang juga harus mempertimbangkan mengenai kebersihannya.