4 Tips Mudah Mengatasi Pegal Linu

Mengalami Pegal Linu? Ini Tips Mudah Mengatasinya - Alodokter

Banyak orang mengeluh pegal linu setelah berolahraga, melakukan perjalanan jauh, atau kelelahan setelah bekerja. Namun, sebagian orang masih bingung cara mengatasinya.

Pegal linu sering diartikan sebagai sekumpulan rasa nyeri, kaku, atau tidak nyaman yang biasa terjadi pada tangan, kaki, punggung, bahkan di sekujur tubuh. Saat merasa pegal linu, biasanya seseorang sulit untuk bergerak bebas dan beraktivitas.

Ada banyak kondisi dan kegiatan yang bisa memicu pegal linu, termasuk kebiasaan begadang, kembali berolahraga setelah vakum lama, atau sedang mengalami penyakit infeksi tertentu, seperti flu atau malaria. Nah, bagi anda yang merasa terganggu dengan rasa pegal linu, anda bisa mencoba beberapa tips ini.

  1. Minum banyak cairan

Cara ini terkesan sangat sederhana, tetapi sangat penting dalam proses pemulihan tubuh dari pegal linu. Soalnya, dengan memenuhi cairan diketahui dapat meredakan peradangan dan membantu aliran nutrisi ke otot. Hal inilah yang akan membantu mengurangi pegal linu. Jadi, pastikan jika asupan cairanmu terpenuhi, yaitu sekitar 8 gelas atau 2 liter peh hari.

  1. Mandi air hangat

Jika kamu sedang mengalami pegal linu saat terserah flu atau setelah berolahraga, kamu bisa coba dengan mandi air hangat. Penelitian menunjukkan bahwa panas dan lembap, baik dari handuk hangat atau mandi air hangat, dapat mengurangi rasa pegal linu saat flu atau mencegah munculnya pegal linu setelah ber olahraga.

  1. Gunakan Kompres Dingin

Selain mandi dengan air hangat atau kompres air hangat, kamu juga bisa mencoba kompres dingin untuk mengurangi pegal linu. Kompres dingin diketahui dapat mengurangi peradangan pada otot dan sendi. Nah, jika linu dipicu oleh radang sendi atau keseleo, kompres dingin akan efekif untuk mengatasinya.

  1. Lakukan pijat

Melakukan pijat juga bisa mengatasi pegal linu. Pijat diyakini dapat meningkatkan alirah darah ke otot, sehingga nyeri dan kaku pada otot akan berkurang. Untuk meredakan pegal linu, kamu bisa memijat sendiri dengan tangan, meminta bantuan orang lain jika area yang ingin dipijat sulit dijangkau, atau menggunakan alat bantu, seperti foam roller.

Penggunaan foam roller cukup mudah, kok. Kamu hanya perlu meletakkan foam roller di lantai, lalu tempatkan bagian tubuh yang sakit di atasnya.

Itulah 4 tips mudah mengatasi pegal linu pada tubuh.