4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah

Playxfit – Mata merupakan salah satu organ tubuh yang esensial atau penting. Jika tidak ada mata, kita tidak bisa melakukan kegiatan dengan baik. Jika mata kita kurang sehat, juga sangat menganggu penglihatan kita. Apalagi di zaman yang semua serba teknologi, kita harus pandai merawat mata kita.

1. Jangan Bermain Gadget Terlalu Lama

Tips pertama yang wajib Anda lakukan adalah jangan bermain gadget terlalu lama. Saat ini penggunaan gadget memakan durasi yang sangat lama, bahkan bisa seharian orang bisa menghabiskan waktunya dengan bermain gadget. Jika sudah terlalu lama, maka mata akan terasa kering, kedipkan mata atau gunakan obat tetes. Mata kering bisa jadi salah satu tanda mata lelah. Usahakan Anda dapat mengistirahatkan mata setiap 20 detik, paling sedikit 20 detik, dan melihat jarak jauh sejauh 20 kaki. Rumusnya adalah 20-20-20. Dengan begitu, penggunaan gadget dan istirahat mata dapat lebih seimbang.

 

2. Konsumsi Makanan Sehat

Selanjutnya, Anda juga harus mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin A, C, E, zink, lutein, dan asam lemak omega 3. Anda bisa mendapatkan semua kandungan tersebut dalam berbagai sayur dan buah-buahan seperti wortel, sayuran hijau, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, jeruk., dan lain-lain.

 

3. Periksa Mata Secara Rutin

Anda juga dapat memeriksakan atau mengontrol mata ke dokter mata secara rutin. Periksa ke dokter mata tidak hanya untuk orang yang memiliki gangguan penglihatan, melainkan dapat dilakukan oleh seluruh kalangan usia minimal setiap 2 tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak. Dengan pemeriksaan mata secara rutin, dokter dapat memantau keadaan mata serta mendeteksi gangguannya sejak dini. Bagi Anda yang sudah memiliki gangguan penglihatan seperti minus, silinder, plus, Anda harus lebih rajin memeriksakan mata Anda minila 1 tahun sekali.

 

4. Hati-hati Saat Menggunakan Make up

Terakhir, khususnya untuk wanita, Anda harus menggunakan make up dengan hati-hati. Jangan gunakan masker yang sudah expired atau lebih dari 3 bulan karena akan menyebabkan iritasi, mata bisa merah dan pedih. Anda juga harus mencuci wajah dengan bersih setelah menggunakan make up. Jika keadaan semakin parah, harus segera konsultasikan ke dokter.