4 Tips Meningkatkan Stamina Tubuh

30 Tips Agar Tulang Kuat dan Badan Sehat Saat Menuju Kepala 3 - KlikDokter

Stamina yang prima dapat mendukung kesehatan mental dan fisik. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu agar fisik atau stamina tetap kuat. Dengan stamina yang kuat, anda menjadi tidak mudah stress dan tidak mudah stress. Anda juga bisa menjalani aktivitas dengan semangat karena fisik yang kuat.

Pada dasarnya, Stamina adalah ketahanan fisik seseorang dalam jangka waktu yang lama. Seseorang dengan stamina yang prima akan mampu beraktivitas walaupun fisik dan mentalnya sedang tidak stabil. Ada banyak cara untuk meningkatkan stamina tubuh. Berikut beberapa cara meningkatkan stamina tubuh.

  1. Berolahraga secara rutin

Untuk meningkatkan stamina, anda dianjurkan untuk berolahraga selama 150 menit per minggu. Jika anda orang yang jarang berolahraga, mulailah olahraga ringan terlebih dahulu, seperti jalan santai, tapi lakukan dengan konsisten. Ini perlu dilakukan karena penambah intensitas olahraga secara berkala juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Pilih olahraga yang dapat meningkatkan stamina, seperti bersepeda, jogging, hingga angkat beban.

  1. Mengonsusi makanan penambah stamina

Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan penambah stamina tubuh anda. Pilihan makanan yang dapat meningkatkan stamina ada beragam, seperti oatmeal, telur, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak. Meski begitu, anda tetap harus mengonsumsi makanan bergizi lain agar kebutuhan nutrisi harian terpenuhi.

  1. Melakukan meditasi

Meditasi juga menjadi salah satu cara meningkatkan stamina pada tubuh. Dari sekian banyaknya jenis meditasi, salah satu meditasi yang paling umum adalah yoga. Studi menunjukkan bahwa orang yang melakukan yoga selama 6 minggu, cenderung tidak mudah Lelah dan stress. Artinya, kegiatan yoga memberikan efek yang baik pada stamina tubuh.

  1. Mengonsumsi ramuan herbal

Salah satu ramuan herbal yang dapat meningkatkan stamina tubuh adalah ashwagandha. Ashwagandha adalah ginseng india yang telah lama digunakan untuk meningkatkan energi sekaligus mengurangi stress, sehingga dapat membuat stamina menjadi lebih kuat. Meski begitu, hindari konsumsi ashwagandha secara sembarangan, terutama jika Anda memiliki penyakit atau kondisi medis tertentu, misalnya diabetes atau gangguan tiroid.

Itulah cara meningkatkan stamina yang perlu kamu ketahui. Namun, jika rasa Lelah dan stamina mu yang tak kunjung meningkat segeralah cek ke dokter.